About Me

gambar koala

Dasar-Dasar Menggambar - Sosok & Kepala Manusia


Menggunakan Angka Tongkat

Menggambar dengan tongkat adalah cara yang efektif untuk menggambar jika Anda baru menggambar sosok manusia dalam gerakan atau aksi. Terlepas dari apakah Anda baru menggambar sosok manusia atau tidak, menggunakan figur tongkat sebagai bentuk atau dasar figur Anda terbukti menjadi metode yang efektif untuk menggambar proporsi tubuh yang tepat. Teknik tongkat gambar membantu Anda menyederhanakan struktur tulang tubuh dan dapat menambah keserbagunaan saat menggambar sosok manusia dalam aksi, yang penting dalam seni komik. Di halaman ini, kita akan membahas cara menggunakan figur tongkat dalam gambar Anda, dan mengapa kami merekomendasikan metode ini. Kami juga menyertakan beberapa pose dasar yang cukup umum dalam komik hari ini.

Perhatikan perbedaan antara kedua gambar (di atas). Di sebelah kiri Anda adalah figur stick asli atau stick stick “hangman”, yang akan dipikirkan oleh sebagian besar orang ketika kata “stick stick” disebutkan. Gambar di sebelah kanan adalah bagaimana figur tongkat (beberapa yang disebut "manekin tongkat") akan terlihat seperti ketika Anda menggambar mereka untuk seni komik. Ini sangat mirip dengan sosok "algojo" tetapi dengan garis tambahan untuk garis bahu dan panggul. Dengan sosok tongkat, yang terbaik adalah menambahkan atau membentuk bentuk yang mewakili struktur / otot tulang utama, yang jauh lebih mudah untuk bekerja dengan.

Gagasan dalam metode ini adalah untuk "membangun" sosok dengan sosok tongkat bertindak sebagai bingkai. Dengan lingkaran yang mewakili sendi dan fitur wajah dengan tanda silang atau garis, gambar tongkat harus mudah dan cepat untuk digambar. Ingatlah untuk menggambar figur tongkat dengan ringan (dengan guratan yang ringan dan tipis) karena akan lebih mudah untuk dihapus nanti. Setelah Anda selesai menggambar bentuk gambar tongkat dasar, Anda dapat mulai menambahkan bentuk sederhana ke bentuk gambar tongkat mulai dari atas ke bawah. Bentuk gelang dan persegi seperti yang bagus untuk batang tubuh, leher dan panggul. Bentuk seperti silinder dapat digunakan untuk bagian tubuh yang lebih panjang seperti lengan dan kaki.
Setelah Anda selesai dengan bentuknya, Anda dapat melihat bahwa Anda telah secara kasar membuat figur "manekin" dasar hanya dengan menambahkan formulir pada figur tongkat. Sosok manusia pria dan wanita memiliki proporsi dan fitur yang berbeda. Sangat penting bahwa Anda memahami perbedaan antara keduanya untuk menghindari kebingungan dan kesalahan dalam menggambar Anda. Cari tahu lebih lanjut tentang perbedaan pria / wanita di SINI .
 

Setelah selesai, Anda dapat mulai memasukkan aspek pakaian atau kostum ke karakter Anda. Dalam hal ini adalah kostum. Pakaian lebih mudah untuk digambar jika dibandingkan dengan pakaian / pakaian biasa terutama karena sebagian besar kostum ketat yang kurang lipat atau lipatan. Untuk lebih lanjut tentang pakaian dan baju besi klik DI SINI .
Hampir selesai!
Sekarang untuk beberapa sentuhan akhir. Anda sekarang dapat fokus pada fitur wajah / rambut ke kepala. Tambahkan detail ke kostum dan mulai bekerja pada bayangan untuk memberikan tampilan dan nuansa yang lebih realistis dan tiga dimensi.
Perhatikan bahwa ketika menggambar berpose, Anda harus ingat bahwa tulang belakang / tulang punggung atau bagian tubuh manusia mana pun tidak pernah lurus bahkan ketika gambar itu berdiri tegak. Menggambar tulang punggung / tulang punggung lurus adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemula. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah fleksibilitas atau fluiditas tubuh manusia.
Berikut adalah beberapa pose yang Anda lihat di sebagian besar komik hari ini. Figur stick digunakan sebagai pengganti figur yang ditarik penuh sehingga Anda dapat melihat pose ini dalam bentuk paling dasar. Kata penutup, setelah Anda terbiasa dengan teknik ini, Anda dapat meningkatkannya sesuka Anda.

Sosok tongkat bekerja dengan baik dengan sebagian besar proporsi. Jangan lupa perbedaan antara sosok pria dan wanita - lihat di SINI .

Menggambar Sosok Manusia

Siapa pun dapat belajar menggambar dengan instruksi yang benar. Ini adalah gaya pribadi yang muncul setelahnya yang membuat gambar sikap tubuh manusia lucu, dramatis atau aktif. Jika Anda tertarik untuk mengejar karir di bidang menggambar atau hanya sebagai hobi, pertajam pensil Anda dan bersiap-siap untuk pelajaran pertama Anda. Memiliki artis profesional di sisi Anda juga akan membantu dan memberikan tips hebat di bidang keseimbangan, garis, dan bayangan. Buku hebat karya Giovanni Civardi berjudul Drawing Human Anatomy adalah buku referensi yang bagus untuk dimiliki. Sekarang mari kita mulai. Pelajaran ini akan melibatkan kepala dan tubuh bagian atas.

Menggambar Kepala

Mampu menggambar wajah secara alami adalah keterampilan yang dimiliki sebagian besar komikus, dan itu juga sesuatu yang harus dipelajari oleh pemula. Menggambar wajah tidak semua tentang menggambarnya se-realistis atau dapat dipercaya mungkin, tetapi Anda juga harus bisa menggambar wajah secara konsisten sehingga orang lain akan mengenalinya setiap kali Anda membuatnya. Pastikan untuk melakukan pengembangan karakter standar atau profil dasar karakter yang akan Anda gambar. Ini tidak hanya akan bertindak sebagai tujuan untuk gambar Anda tetapi juga membantu Anda menghindari menyimpang dari apa yang Anda rencanakan untuk menggambar. Untuk lebih lanjut tentang Pembuatan Karakter, klik DI SINI .
Mirip dengan menggambar sosok tubuh, kepala juga memiliki proporsi sendiri yang disebut - proporsi wajah. Alasannya adalah bahwa proporsi wajah adalah untuk membantu Anda dengan penempatan fitur wajah dan menghindari kesalahan (atau kebiasaan) membuat mata terlalu dekat atau hidung terlalu besar. Memahami dasar konstruksi dan proporsi wajah dapat membantu Anda mencapai realisme saat menggambar kepala.

Struktur Kepala

Bagian terpenting dari struktur kepala adalah penempatan fitur. Setelah menggambar garis kepala, pertama-tama Anda harus menentukan pusat wajah. Gambarlah garis lurus secara vertikal (dari atas ke bawah). Ini untuk memastikan bahwa fitur wajah disejajarkan dengan benar di tengah. Sekarang Anda dapat mulai menempatkan garis untuk menunjukkan di mana fitur wajah harus dimulai. Ini dimulai dari bagian atas yaitu garis rambut, mata, telinga, hidung, dan mulut.
    





Setelah selesai dengan penempatan, Anda dapat mulai membuat sketsa fitur wajah menggunakan sapuan lembut. Bagian atas telinga harus sejajar dengan bagian atas mata. Seperti halnya dengan mata, harus satu mata terpisah satu sama lain. Lubang hidung bisa dimulai pada tingkat yang sama di ujung telinga dengan mulut sedikit di bawahnya.

Metode Loomis

Metode ini adalah cara yang bagus untuk memahami bentuk dasar kepala dan terutama mereka yang mengalami kesulitan saat menggambar kepala pada sudut yang berbeda. Kami merekomendasikan metode Loomis untuk pemula karena ini adalah cara yang sangat mudah dan sederhana untuk membangun struktur sampai ke fitur wajah.
Ini bisa sangat sulit untuk menggambar struktur kepala ketika Anda mencoba untuk menggambar mereka melalui semua detail dan bahkan lebih rumit, mencoba menggambar mereka di sudut yang berbeda. Andrew Loomis menciptakan metode (beberapa disebut Metode Loomis) yang menyederhanakan struktur kepala dalam bentuk dasar. Yang pertama adalah bola untuk tempurung kepala dan yang kedua, sebuah blok yang mewakili tulang rahang dan pipi. Periksa video di bawah ini tentang proses menggunakan metode Loomis.

The Cranium (Sphere)


Cranium adalah struktur utama tengkorak. Tengkorak melindungi otak dan memegang sebagian besar struktur wajah seperti mata, alis, hidung, dan telinga. Sederhananya, tengkorak tanpa mandibula (tulang rahang) adalah tengkorak.
Dalam metode Loomis, itu dimasukkan ke dalam sederhana untuk yang merupakan bola. Tapi karena sisi kepala datar, sisi-sisi bola dipotong untuk mewakili ini. Area yang dipotong akan tetap terlihat seperti lingkaran penuh di profil (tampilan samping) tetapi pada sudut lain, itu akan terlihat lebih berbentuk oval dengan sisi-sisi yang telah dipotong menjadi kurang terlihat dan dilihat dari perspektif yang berbeda. Bagilah area oval menjadi kuadran. Garis horizontal menunjukkan garis alis, sementara garis rambut diatur di garis atas oval dan hidung di ujung bawah oval. Lihat gambar misalnya.

Mandibula (Blok)

Mandibula menyediakan struktur untuk dagu dan gigi. Mandibula melengkapi tengkorak ketika disatukan dengan cranium. Struktur wajah yang dimiliki mandibula adalah mulut, pipi, dagu, dan garis rahang. Blok sekarang digunakan untuk mewakili mandibula dan melekat pada bola. Ujung atas blok melekat pada garis alis bola.

Sudut yang berbeda

Sudut kepala harus ditentukan pada awal menggambar bola. Berikut adalah beberapa sumbu yang memengaruhi sudut yang Anda tuju.
   




Membagi Wajah

Setelah Anda menetapkan sudut bola (cranium) dan menambahkan blok (mandibula), sekarang saatnya untuk membagi wajah menjadi tiga bagian. Pertama adalah dari garis rambut ke alis mata. Anda akan melihat bahwa garis rambutnya adalah sejajar dengan bagian atas oval. Kedua adalah dari alis, yang sejajar dengan tengah oval, ke hidung tepat di bawah telinga dan yang ketiga adalah dari ujung hidung ke bawah ke dagu (yaitu sekitar panjang yang sama dari dua bagian lainnya). Lihat gambar misalnya.

Kesalahan yang paling umum dilakukan pemula dengan menggunakan metode ini adalah membuat bagian ketiga yang berada di sekitar bagian rahang / dagu lebih panjang dari yang seharusnya. Panjang bagian ketiga yang berakhir di dagu mirip dengan panjang setengah oval panjang berubah tergantung pada perspektif yang Anda lakukan.
Sekarang setelah Anda memiliki struktur kepala yang tepat, lebih mudah untuk menambahkan fitur wajah ke kepala.

Buku yang Direkomendasikan

Drawing The Human Head oleh Burne Hogarth

Meskipun mengambil kursus formal dalam studi anatomi manusia akan memberi Anda kedalaman yang lebih besar dalam menggambar kepala manusia sejauh menyangkut proporsi, buku ini memang masuk lebih dalam daripada kursus tentu saja dalam hal fitur wajah. Konten terbatas dalam luasnya, tetapi masuk ke kedalaman yang baik pada fitur multikultural dan penuaan.

Menggambar Gambar Dinamis oleh Burne Hogarth

Ini adalah buku yang wajib dibeli untuk para seniman, artis buku komik animator, atau penggemar menggambar, yang telah bermimpi menggambar figur manusia yang diperpendek dan figur manusia dalam aksi dari ingatan / imajinasi. Buku ini tidak mengandung anatomi realistis, penulis menggunakan versinya sendiri anatomi manusia untuk menjelaskan metode dan prinsipnya, ini harus diambil sebagai alat saja dan bukan aturan. Tetapi setelah Anda berlatih dari buku ini dengan cukup keras, Anda akan mendapati bahwa kecepatan dan keterampilan menggambar hidup Anda jauh lebih jauh daripada ketika Anda mulai, saya juga merekomendasikan buku-buku lain oleh burne hogarth, anatomi dinamis, menggambar tangan dinamis, kepala dinamis, cahaya dinamis dan naungan serta kerutan dan korden yang dinamis. Hanya satu kata peringatan yang sangat mudah untuk dipengaruhi oleh pekerjaan burne hogarths, dan pekerjaan Anda mungkin mulai terlihat seperti tiruan dari-nya.

Menggambar Anatomi Manusia oleh Giovanni Civardi

Mengapa buku ini hanyalah buku referensi terbaik tentang anatomi manusia, Anda bertanya? Sederhana! Karena itu dengan jelas dan ringkas merinci berbagai otot dan struktur tulang tubuh manusia. Ini cukup rinci sehingga bahkan seniman yang paling berpengalaman pun akan menemukan bahan referensi ini berguna, namun itu hanya menekankan rincian yang relevan dengan artis sehingga bahkan seorang pemula pun dapat menggunakan buku ini. Anda tidak dapat menemukan buku lain di pasaran yang memerinci anatomi manusia sedemikian ringkas dan bermanfaat! Hati-hati: ini adalah panduan referensi anatomi manusia - artinya, itu tidak "mengajarkan" cara menggambar anatomi manusia. Untuk pemula, saya sangat menyarankan memasangkan bahan referensi ini dengan buku yang mengajarkan teknik dasar menggambar anatomi manusia.

Menggambar Komik yang Canggih oleh Christopher Hart

Saya memiliki hampir setiap buku tentang seni buku komik yang ditulis dalam sepuluh tahun terakhir, dan buku ini menjadi yang teratas. Sejauh ini.
Saya merekomendasikan buku ini tidak hanya kepada orang-orang yang ingin menjadi seniman buku komik, tetapi juga mereka yang tertarik pada bentuk seni yang lebih "serius". Tips dan trik sangat diperlukan bagi siapa pun yang menggambar bentuk atau wajah manusia, apa pun gayanya.

Saya sudah membaca buku ini ratusan kali, dan saya masih menggunakannya setiap hari untuk referensi.

dari : http://www.creativecomicart.com/basics-part-1.html

Posting Komentar

0 Komentar