About Me

gambar koala

Dasar-Dasar Menggambar - Tubuh, Lengan, Kaki


Menggambar Tubuh / Tubuh dan Lengan

Saat menggambar angka, yang terbaik adalah tahu di mana "landmark" berada. "Tengara" adalah area di mana pos pemeriksaan tertentu dapat ditetapkan berdasarkan atribut fisik tubuh (dalam hal menggambar, tulang yang menonjol dan terlihat pada tubuh.) Jika Anda menyentuh bahu Anda sekarang, Anda akan melihat bahwa tulang terhubung ke tulang selangka Anda (klavikula) yang merupakan salah satu landmark tubuh. Cara terbaik untuk menggunakan "landmark" ini adalah dengan menghubungkan satu ke yang lain (di mana kami akan tunjukkan nanti). "Tengara" juga digunakan untuk mengukur jarak satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya. Berikut adalah daftar "landmark" yang terlihat dari depan dan belakang tubuh.
Bagian depan -
  • Klavikula (tulang selangka).
  • Ujung atas bahu tempat klavikula terhubung ke skapula.
  • Tepi bawah tulang rusuk dan tulang dada.
  • Kedua ujung ulna dan jari-jari (pergelangan tangan dan siku).
  • Sisi panggul (tulang pinggul).
  • Tulang ketuk jari.
  • Patella dan tibia (lutut).
  • Tibia dan fibula (pergelangan kaki).
  • Jari kaki.
  • Tibia dan fibula (pergelangan kaki).
Bagian belakang
  • Area di mana tulang belakang terhubung ke tulang rusuk.
  • Tepi skapula (tulang belikat).
  • Kedua ujung ulna dan jari-jari (pergelangan tangan dan siku).
  • Sisi panggul (tulang pinggul).

Menggambar Dari Tengara

Dari halaman "Menggunakan metode penghitungan kepala", kami telah membahas pengukuran dan proporsi gambar yang tepat dengan menggunakan ukuran kepala. Tetapi menggambar sosok manusia menggunakan metode ini bisa memakan waktu. Dengan bantuan "landmark" Anda dapat meminimalkan jumlah pekerjaan yang Anda lakukan ketika Anda mencari tahu lebar / panjang atau jarak satu bagian tubuh dengan yang lain.
Tidak masalah jika Anda baru menggambar sosok manusia atau tidak, selalu lebih baik untuk menggambar sosok Anda dari dalam dan mencari jalan keluar. Ini tidak hanya lebih mudah dan lebih cepat, tetapi juga mengubah pendekatan menggambar Anda menjadi lebih fleksibel. Ini juga dapat membantu Anda menghindari membuat metode penghitungan kepala sebagai "penopang" dan mulai menggambar dengan panduan sesedikit mungkin. Alasan kami merekomendasikan menggambar dari dalam ke luar adalah karena banyak cenderung membuat kesalahan dengan menyelesaikan garis luar bahkan sebelum mulai pada bagian tubuh utama yang ditempelkan dan akhirnya mengalami masalah karena tidak dapat masuk ke dalam tubuh lain. sebagian karena kurangnya jarak.
Untuk menggambar menggunakan landmark, mulailah dengan menggambar kepala dan leher. Penggunaan landmark mulai tepat di bawah leher, di tengah klavikula. Perlu diingat bahwa leher pria lebih tebal dari leher wanita, yang dengan cara membuatnya lebih panjang bahkan ketika itu adalah panjang yang sama persis. Untuk melihat perbedaan bentuk tubuh pria dan wanita, klik DI SINI .
Dari sini, gambar sisa tepi klavikula. Garis klavikula yang menghubungkan ke bahu tidak boleh lurus. Jika Anda melihat tulang selangka (tulang selangka) Anda sendiri, Anda akan melihat bahwa itu melengkung sedikit ke atas. Gambarlah garis tengah dada sampai ke sternum.

Di ujung garis dada tengah, lanjutkan menggambar bagian dada lainnya. Putingnya sejajar dengan ujung klavikula. Setelah ini dilakukan, lanjutkan dengan bahu dari garis klavikula yang terhubung ke sana.
Untuk sosok wanita, buat dua lingkaran di bagian atas dada untuk mewakili payudara sebelum Anda menggambar puting.
Sekarang, alih-alih melanjutkan dari bahu untuk menarik sisa lengan, kita akan kembali menyelesaikan sisa tubuh terlebih dahulu. Ini untuk memastikan bahwa Anda memiliki ruang yang cukup untuk menarik batang tubuh dan tidak terganggu oleh bentuk lengan. Ini juga bagi Anda untuk memiliki penempatan yang lebih baik dan ruang yang cukup untuk lengan.
Dari ujung dada, keluarkan tulang rusuk mulai dekat ketiak. Setelah itu, gambar garis tengah kasar ke pusar dan sampai ke daerah selangkangan. Di sekitar garis tengah (di bawah tulang rusuk) dan daerah pusar, Anda dapat menguraikan bentuk perut (perut) sedikit, hanya untuk menunjukkan beberapa definisi otot.
Cobalah untuk tidak terlalu menekankan definisi otot untuk sosok wanita kecuali jika Anda mengincar superhero atau pembangun tubuh seperti wanita. Jika Anda terlalu menekankan detail otot pada sosok wanita, ada kemungkinan mereka terlihat kurang feminin.
Dengan batang tubuh di tempatnya, inilah saatnya untuk melanjutkan menggambar bagian tubuh yang lain. Berbeda dengan kepala dan dada yang bertanggung jawab untuk menampung organ-organ internal, bahu, lengan dan tangan adalah anggota tubuh yang berisi otot dan saraf untuk melaksanakan perintah.
Lanjutkan kembali ke menggambar lengan dan mulai dari tengara bahu ke tengara siku. Menggambar bahu manusia yang merespons gerakan memerlukan pendekatan yang berbeda dari batang tubuh dan kepala. Lingkaran atau bola lebih memadai berhubungan dengan aksi daripada kotak yang menyerupai cangkang keras untuk perlindungan. Bahu, lengan, dan tangan berisi jenis bola yang pas ke soket di bahu, siku, dan pergelangan tangan. Pikirkan bagian yang bergerak ketika memulai bagian tubuh ini. Bersihkan lengan dengan melanjutkan dari siku sampai ke tengara pergelangan tangan.
Ketika Anda memiliki seluruh lengan, lengkap dengan bahu dan tangan lengkap, mereka mungkin terlihat sedikit canggung. Dibutuhkan latihan untuk mendapatkan ukuran dan lipatan untuk tampil sesuai dengan keinginan Anda. Tangan mungkin yang paling sulit dikuasai. Buku yang bagus untuk referensi adalah Menggambar Tangan Dinamis oleh Burne Hogarth. Bagaimana memahami gerakan tangan dibahas sehingga tindakan akan menjadi sifat kedua dalam gambar Anda.
Buku lain berjudul Drawing Hands Feet: Form, Proportions, Gestures and Actions oleh Giovanni Civardi dapat memajukan keahlian Anda dalam menciptakan berbagai jenis pose yang membutuhkan penggunaan lengan secara aktif. Anda juga dapat berlatih menggunakan landmark pada figur tongkat dan bekerja dengan cara yang mirip dengan apa yang disebutkan di atas.

Menggambar Kaki

Alasan kami memisahkan lengan dan kaki dari batang tubuh adalah untuk menunjukkan secara rinci cara menggambar bagian-bagian tubuh ini dan bagaimana membuatnya bekerja dengan sudut yang berbeda. Jika Anda baik-baik saja dengan menggambar seluruh gambar tanpa masalah, maka silakan terus melakukannya. Salah satu kesalahan yang paling umum ketika menggambar lengan atau kaki adalah menggambar terlalu panjang atau terlalu besar. Namun kesalahan ini juga dilakukan oleh seniman komik profesional. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa mereka tidak terlalu menekankan hal itu. Mereka hanya menghapus, dan memulai kembali, tetapi yang paling penting mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Kami akan melanjutkan di mana kami tinggalkan di akhir menggambar batang tubuh, yang berarti kami masih akan menggunakan landmark sebagai panduan. Kami akan mulai menggambar kaki di dekat area panggul. Menggambar kaki dapat dilihat sebagai dua bagian - bagian pertama adalah dari pangkal paha ke lutut dan bagian kedua adalah dari lutut sampai ke kaki.
Lebih mudah untuk menggambar bagian pertama kaki dengan bantuan garis otot sartorius. Otot sartorius adalah otot tipis panjang di paha yang secara sederhana, bergerak dari tepat di bawah panggul ke lutut. Gunakan garis otot ini untuk membantu mendapatkan definisi otot dasar kaki. Dengan menggambar garis ini, itu akan membuat definisi otot sederhana sekaligus memberikan kaki tampilan yang lebih alami dan realistis. Anda dapat mengakhiri bagian kaki ini di ujung atas tempurung lutut.
Bagian kedua dimulai dari tempurung lutut atau patella. Mulailah dengan menggambar detail tempurung lutut. Ukuran tempurung lutut adalah sekitar setengah dari ukuran paha. Anda kemudian dapat menguraikan sisa kaki hingga pergelangan kaki atau bagian atas area kaki. Di sinilah kebanyakan orang memiliki masalah dengan ketika menggambar-kaki. Dalam kebanyakan kasus, terutama dalam seni komik, karakter digambar dengan alas kaki. Anda tidak bisa melihat banyak kaki. Tetapi selalu membantu untuk mengetahui bentuk kaki dan cara kerjanya.
Kaki dan kaki dapat ditarik sebagai aktif, diam, lucu atau hanya aneh. Pemahaman dasar tentang bentuk dan proporsi pinggul, kaki, lutut, pergelangan kaki, dan kaki adalah penting dalam posisi apa pun yang ingin Anda capai. Setelah Anda mengikuti langkah-langkah sederhana tentang cara menggambar kaki dan cara menggambar kaki, menciptakan kaki yang kurus, gemuk, pendek atau panjang dengan kaki yang serasi, Anda akan dapat menggambarkan tubuh yang tampak lebih realistis.
Ada banyak penyimpangan yang dapat digunakan dalam nada otot dan ketebalan kaki menggambar. Buku bagus untuk menjadi ahli dalam memahami dan menggambar gerakan fisik adalah Drawing Hands Feet: Form, Proportions, Gestures and Actions oleh Giovanni Civardi. Bersama dengan naungan, Anda bisa belajar cara melakukan tindakan pada kaki dan kaki Anda.





Posting Komentar

0 Komentar