Penggunaan + Pakai dan Robek
Logikanya, penggunaan peralatan atau alat secara teratur menghasilkan nilai atau kualitas yang merendahkan atau menua. Proses ini bisa disebut "keausan". Selain menunjukkan bahwa peralatan telah terdegradasi atau digunakan, "keausan" juga menunjukkan bahwa alat telah melihat tindakan dan pada dasarnya telah melakukan apa yang seharusnya dilakukan.
Ambil perisai misalnya, jika perisai ditabrak atau digunakan untuk memukul target, permukaan perisai akan tergores, penyok, atau terkelupas menunjukkan bahwa itu digunakan dan melayani tujuannya.
Tentu saja keausan tidak mempengaruhi hanya peralatan dan baju besi / kostum. Itu juga dapat diterapkan untuk karakter tetapi dipandang sangat berbeda. Kami telah menyebutkan sebelumnya bagaimana keausan adalah proses degradasi dan penuaan, tetapi ketika digunakan pada karakter, ia digambarkan sebagai individu yang lebih bijak dengan pengalaman dan spesialis di bidangnya sendiri. Berikut adalah beberapa contoh dari serial animasi Star Wars:
Tentu saja keausan tidak mempengaruhi hanya peralatan dan baju besi / kostum. Itu juga dapat diterapkan untuk karakter tetapi dipandang sangat berbeda. Kami telah menyebutkan sebelumnya bagaimana keausan adalah proses degradasi dan penuaan, tetapi ketika digunakan pada karakter, ia digambarkan sebagai individu yang lebih bijak dengan pengalaman dan spesialis di bidangnya sendiri. Berikut adalah beberapa contoh dari serial animasi Star Wars:
Dalam Star Wars: Clone Wars, sekelompok polisi klon rekrut baru (dan juga kadet) disebut "shinies". Disebut demikian karena baju besi mereka yang baru bersinar, yang dengan cara menunjukkan bahwa mereka belum pernah dalam pertempuran sebelumnya dan tidak memiliki pengalaman tempur.
Lalu ada Komandan Wolffe. Seorang komandan pasukan klon yang setelah pertemuan dengan Jedi Kegelapan, kehilangan mata kanannya dan digantikan dengan mata sibernetik. Seorang veteran pertempuran yang tak terhitung jumlahnya, Komandan Wollfe mengenakan baju besi bekas luka perangnya dan perlengkapan pasukan klon reguler. Bekas luka di sebelah kanannya mata bisa terlihat jelas ketika dia tidak mengenakan helmnya. Dengan reputasi yang menakutkan, Komandan Wollfe memimpin dan berfungsi sebagai inspirasi bagi semua pasukan klon lain di medan perang.
Sekarang, mengingat dua foto dengan apa yang dikatakan pada dua kelompok orang yang sangat berbeda, dapatkah Anda mencari tahu siapa yang merupakan rekrutan polisi klon dan siapa Komandan Wolffe? Siapa yang lebih berpengalaman dari yang lain?
Fakta bahwa merekrut polisi kloning ini memiliki baju zirah dan perlengkapan tempur baru yang bersinar, adalah wajar bagi orang untuk menganggap bahwa mereka tidak berpengalaman. Dan mengingat pangkat komandan dan mengenakan baju besi perang bekas luka di samping bekas luka di wajah, cukup jelas bahwa Komandan Wolffe lebih berpengalaman dan juga veteran perang.
Fakta bahwa merekrut polisi kloning ini memiliki baju zirah dan perlengkapan tempur baru yang bersinar, adalah wajar bagi orang untuk menganggap bahwa mereka tidak berpengalaman. Dan mengingat pangkat komandan dan mengenakan baju besi perang bekas luka di samping bekas luka di wajah, cukup jelas bahwa Komandan Wolffe lebih berpengalaman dan juga veteran perang.
Secara logis, karakter yang secara fisik terlibat dalam situasi berbahaya seperti tentara, prajurit, penjaga, barbar, preman, penjahat semuanya memiliki bagian yang adil dari bekas luka pertempuran, cedera atau luka yang menunjukkan bagaimana mereka telah melihat tindakan dan pengalaman. Ini harusnya diperlihatkan dan ditekankan untuk memisahkan mereka dari yang lain.
Naungan dan kedalaman detail memainkan peran besar dalam menciptakan realisme dalam pekerjaan Anda. Jika Anda cukup detail pada pengaruh keausan pada peralatan, baju besi / kostum, fitur wajah karakter atau bagian tubuh, Anda akan melihat bagaimana beberapa teknik shading dan crosshatching dapat memunculkan rasa realisme yang hebat pada pekerjaan Anda. Namun, seperti halnya yang lainnya, cara terbaik untuk memoles keahlian khusus ini adalah dengan praktik dan penelitian konstan. Jika Anda konsisten dalam menciptakan rasa realisme dalam apa pun yang Anda gambar, orang akan dapat menghubungkannya dan secara otomatis tertarik pada karya seni Anda dan akhirnya karya komik Anda.
Bentuk Mengikuti Fungsi
Prinsipnya cukup mudah.
Dasar dari prinsip form follow function dapat mengarah pada dua hal: kepraktisan dan logika. Ini pada dasarnya berarti bahwa apa pun desain yang Anda buat, itu harus selalu terlihat seperti itu akan bekerja dengan sedikit atau tanpa batasan. Desain harus praktis, dapat diandalkan, dan mudah dijelaskan dalam tujuannya. Kegagalan untuk mengikuti ini dapat menyebabkan orang mempertanyakan desain Anda, yang merupakan hal terakhir yang Anda ingin mereka lakukan. Dalam proses membuat desain, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini-
Apakah desain sesuai dengan tujuannya atau hanya untuk pertunjukan?
Apakah itu membatasi gerakan atau tindakan karakter Anda?
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat berkontribusi pada desain akhir. Sebagai contoh:
Ini adalah sepasang sepatu bot. Seperti yang bisa Anda lihat dari desainnya, mereka bukan hanya sepasang sepatu bot biasa tetapi malah terlihat seperti sepasang sepatu tempur brutal. Pada pandangan pertama, Anda mungkin tidak melihat cacat desain yang ditampilkan tetapi jika Anda melihat lebih dekat dan mengajukan pertanyaan yang sama di atas, Anda akan melihat kesalahan desain yang dibuat. Mari kita coba -
Apakah desain sesuai dengan tujuannya atau hanya untuk pertunjukan? -
Dari sudut pandang hal-hal, boot memang melayani tujuan tetapi memiliki sesuatu untuk ditampilkan juga. Dasar dari desain terlihat dari boot tempur. Dengan itu, karakter yang memakainya kemungkinan besar dalam situasi yang berbahaya, suka berperang, bertahan hidup. Tampilan boot yang kokoh, tahan lama, dan tebal tidak diragukan lagi akan melindungi pemakainya dan menjauhkannya dari lingkungan yang keras. Paku yang ditambahkan ke sepatu bot kemungkinan besar akan membantu pemakainya dalam pertempuran serta mengintimidasi siapa pun yang mencoba mengacaukan pemakainya. Tentu saja, Anda tidak ingin membicarakan sampah dengan seseorang yang memakai sepatu bot seperti itu kecuali Anda benar-benar siap menggunakannya.
Apakah itu membatasi gerakan atau tindakan karakter Anda?
Setelah dipikir-pikir, lonjakan di sisi sepatu sebenarnya bisa melukai karakter yang memakainya jika dia memutuskan untuk berlari atau bahkan mengangkat kaki untuk menendang. Bagaimanapun, ini mungkin bukan ide yang baik.
Sekarang ini adalah cacat desain dan itu bertentangan dengan bentuk mengikuti prinsip fungsi. Alih-alih mengorek desain, mari kita membuat beberapa perubahan kecil pada paku.
Kami memutuskan untuk mengubah paku di sisi dalam dan menggantinya dengan pejantan alih-alih menghapusnya sama sekali untuk mempertahankan rasa intimidasi. Di sana, sekarang lebih aman bagi karakter untuk menggunakan sepatu boot. Karakter sekarang dapat berjalan, menendang atau lompatlah dengan cara apa pun yang menurutnya cocok dengan sepatu bot itu.
Cukup sederhana bukan?
Solusinya datang dengan lancar jika Anda mengurutkan dasar bentuk mengikuti fungsi - kepraktisan dan logika. Pendekatan yang lebih sederhana adalah dengan menempatkan diri Anda pada posisi karakter. Bagaimana? Cukup tanyakan pada diri Anda apakah Anda akan memiliki masalah dengan desain jika Anda ingin memakainya atau menggunakannya.
Apakah Anda akan mengenakan sepatu bot yang membatasi Anda untuk berlari atau menendang?
Apakah Anda membawa pedang besar yang begitu berat, Anda hampir tidak bisa mengangkatnya dengan dua tangan?
Kami harap Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana formulir mengikuti prinsip kerja berfungsi dan berhubungan dengan bagaimana desain Anda dapat berubah hanya dengan mempertimbangkan cara kerjanya. Selalu merancang atau membuat sesuatu yang terlihat seperti itu akan bekerja dengan sedikit penjelasan mungkin.
Apakah ini logis? - Dalam beberapa kasus, logika tidak terlalu diperhitungkan karena dalam komik, faktor-faktor lain seperti kekuatan super, sihir, gadget, materi duniawi lainnya ... dll, biasanya berkontribusi pada logika tentang bagaimana segala sesuatu harus atau harus disingkirkan. Jika ini masalahnya, maka akan jauh jika Anda bisa menjelaskan sedikit tentang. Mari kita ambil contoh Star Wars lainnya:
Dalam Star Wars Universe, lightsaber dapat memotong apa saja dan melee melawan seseorang dengan lightsaber tanpa menggunakan satu atau memiliki kekuatan apa pun dapat menyebabkan kehilangan satu atau dua anggota badan. Salah satu bahan yang diketahui tahan terhadap serangan lightsaber adalah bijih logam langka yang disebut besi Mandalorian, atau Beskar di lidah asli Mandalore. Setrika dapat ditempa menjadi senjata atau baju besi dan lightsabers tidak melakukan apa-apa terhadap mereka. Karena ketahanan material itu, senjata dan baju besi Mandalore diketahui digunakan untuk melawan pengguna lightsabers jika ada pertemuan.
Karena itu adalah bijih yang sangat langka, barang yang dibuat menggunakan besi Mandalore umumnya tidak diproduksi atau dijual di pasar. Oleh karena itu, tidak banyak yang memiliki peluang (atau keterampilan) untuk menggunakan atau memakai peralatan yang dibuat dengan besi Mandalore.
Sekarang, mengacu pada dunia nyata, kita tahu hal-hal ini tidak ada. Tetapi dalam komik, perlu sedikit dijelaskan tentang hal-hal ini. Terlepas dari kenyataan bahwa barang-barang itu fiktif, menjadi lebih dapat dipercaya dan agak logis jika kita menjelaskan tentang cara kerjanya. Menjelaskan hal-hal penting ini sebelumnya tidak hanya membuat pembaca / pemirsa lebih tahu tentang subjek yang Anda maksud, tetapi juga menyelamatkan Anda dari orang-orang yang mempertanyakan bagaimana hal-hal itu terjadi dan mengomentari bagaimana seharusnya hal itu terjadi. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah seseorang mulai membuat keributan tentang bagaimana tidak logis bagi pedang atau pisau untuk menangkis lightsaber yang memotong sebagian besar benda. Mereka tidak akan bertanya tentang subjek tertentu jika Anda telah menjelaskan tentang hal itu. secara menyeluruh sebelumnya.
Berputar
Dari perencanaan desain karakter hingga desain karakter, kami telah membahas sebagian besar dasar-dasar yang diperlukan untuk membuat karakter yang solid dan dapat dipercaya untuk komik Anda. Sekarang, kami telah belajar tentang arketipe, pengembangan karakter, estetika, siluet, dan banyak lagi. Anda harus memiliki gagasan kasar tentang bagaimana hal-hal bekerja sekarang dan telah menciptakan karakter yang kuat berdasarkan apa yang telah Anda pelajari sejauh ini. Jika Anda belum membuat karakter, cobalah untuk membuat karakter sederhana. Bukan karakter utama atau penjahat, hanya karakter tambahan seperti tentara atau petani.
Sekarang, dengan karakter yang telah Anda buat, alih-alih hanya tampilan frontal standar karakter, Anda juga perlu menggambarkan bagaimana karakter akan terlihat ketika dilihat dari samping atau belakang. Seluruh proses atau urutan disebut "turnaround" ” Tujuan dari "turnaround" adalah untuk membantu bagaimana penampilan karakter ketika dia menghadapi arah yang berbeda saat beraksi atau berpose. Ada tiga jenis turnaround -tiga poin, lima poin, dan angka T. Turnaround tiga titik adalah yang paling umum digunakan dalam komik dan lima poin secara teratur digunakan dalam animasi sedangkan turnaround t-figure digunakan terutama dalam proses rendering 3D. Berikut adalah contoh perputaran tiga poin -
Para pemula cenderung menganggap menggambar turnaround sebagai proses yang membuat frustasi tetapi ketika mereka maju, mereka akan menemukan bahwa turnaround membantu dalam banyak cara ketika kebutuhan untuk menggambar karakter mereka dalam gerakan atau pose dari berbagai perspektif tumbuh. Misalnya, bantuan turnaround tiga titik membuat Anda tidak dapat menebak seperti apa karakter dari belakang atau samping karena Anda memiliki turnaround sebagai referensi.
Sekarang perputaran T-figur terlihat sangat mirip dengan perputaran tiga titik tetapi hanya dengan lengan yang hilang ketika di sisi. Alasan untuk memotong lengan adalah karena memungkinkan mereka untuk melakukan detail di sisi batang tubuh di mana lengan itu menutupi. Berikut adalah contoh
Berikutnya adalah perputaran lima poin. Perputaran ini banyak digunakan dalam animasi di mana pentingnya mengetahui persis bagaimana karakter akan terlihat dalam perspektif yang berbeda adalah prioritas. Turnaround lima poin memberikan lebih banyak informasi tentang tampilan karakter jika dibandingkan dengan turnaround tiga poin atau t-angka terutama karena pose depan dan belakang 3/4, yang lebih sulit untuk digambarkan. Berikut adalah beberapa contoh perputaran lima poin
Segera setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana perputaran bekerja dan memiliki praktik yang baik dengannya, Anda harus benar-benar dapat menggambar karakter dalam setidaknya beberapa pose menghadap ke arah yang berbeda. Mengapa tidak mencoba tangan Anda dan minta karakter Anda melakukan beberapa pose aksi. Hanya untuk memperjelas, pose aksi mencakup banyak hal secara umum dan tidak khusus untuk meninju, menendang, atau melompat. Tidur, duduk, tertawa, batuk, memanggil taksi, menjawab telepon juga dianggap sebagai pose aksi, jadi cobalah untuk tidak membatasi diri.
Pada titik ini, hanya ada satu hal yang tersisa untuk dilakukan yaitu - latihan, latihan, latihan. Hanya dengan meningkatkan apa yang telah Anda pelajari sejauh ini, Anda dapat melakukan lebih baik dalam menciptakan karakter untuk komik Anda. Sampai jumpa di bab selanjutnya!
0 Komentar