About Me

gambar koala

Membuat Karakter untuk Komik Anda


Halaman ini terkait erat dengan halaman Menulis Komik berdasarkan pada bagaimana karakter yang sedang dibuat secara alami terlibat ketika menulis alur cerita komik atau skrip. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai dengan halaman ini, silakan membaca dan memahami halaman Menulis Komik sehingga Anda tidak akan tersesat ketika referensi dibuat untuk itu.
Menciptakan karakter untuk komik adalah sesuatu yang banyak orang ingin melakukannya dan walaupun Anda mungkin berpikir itu terlalu sulit, kadang-kadang bisa menjadi bagian yang lebih mudah dari keseluruhan proses pembuatan komik. Menggunakan imajinasi Anda adalah bagian besar dari proses pembuatan komik. , tetapi pada saat yang sama, satu-satunya yang menahan Anda. Anda ingin karakter Anda dapat dipercaya, dan mampu menarik perhatian pembaca ke cerita. Kekuatan komik atau cerita sering dinilai oleh kekuatan karakter.
Membuat karakter mungkin membutuhkan waktu untuk memastikan bahwa komik itu tepat untuk komik yang ingin Anda buat. Meskipun Anda mungkin memiliki beberapa ide berbeda, beberapa karakter tidak akan cocok dengan cerita khusus ini. Ada beberapa elemen berbeda yang perlu Anda pertimbangkan saat membuat karakter untuk komik. Anda mungkin berpikir bahwa karakter Anda adalah yang terbaik yang pernah dipikirkan, namun, jika itu menjadi mimpi buruk ilustrator, itu mungkin tidak cocok.
Salah satu kesalahan paling umum bagi pemula adalah mulai membuat sketsa karakter tanpa merencanakan kepribadian, alur cerita, atau bahkan melakukan riset untuk itu. Untuk mengatasi ini, kami telah memisahkan tutorial ini menjadi dua bagian - "Perencanaan" dan "Merancang" .

Perencanaan

Bagian "perencanaan" pada dasarnya adalah tentang hal-hal yang harus Anda pikirkan atau pertimbangkan sebelum meletakkan pensil di atas kertas. Jangan keliru bagian "perencanaan" untuk penulisan komik. Perbedaannya adalah bahwa di bagian ini, Anda memutuskan karakter dalam komik (pembuatan karakter). Menulis komik adalah tempat Anda bertukar pikiran tentang alur cerita, garis waktu, dan aspek lain yang memengaruhi komik secara keseluruhan (bagaimana / di mana ia dimulai atau berakhir, siapa yang terlibat, pengembangan cerita, siapa yang hidup dan yang mati ... dll). Yang terbaik adalah Anda menulis tentang alur cerita komik Anda terlebih dahulu dan memutuskan karakter yang terlibat sebelum Anda benar-benar mulai merencanakan menggambar karakter. Klik DI SINI untuk mengetahui lebih banyak tentang KOMIK PENULISAN.

Alur cerita

Mari kita mulai dengan pengaturan paling klasik dalam alur cerita komik yang khas. Kebanyakan alur cerita dalam komik (dan film) biasanya mencakup arketipe pohon ini: pahlawan, penjahat, dan minat cinta. Jika Anda seorang pemula dan sedang menjalani proses pembuatan karakter pertama Anda, yang terbaik adalah Anda mulai dengan membuat karakter untuk ketiga arketipe ini terlebih dahulu. Ketiga arketipe ini adalah karakter yang paling berfokus pada alur cerita klasik. Anda kemudian dapat beralih ke arketipe lain dan memasukkan karakter minor saat alur cerita meluas.

Pola dasar

Arketipe adalah kombinasi kepribadian dan karakter yang dapat dihubungkan atau diidentifikasi oleh orang-orang dan dikategorikan dalam kelompok-kelompok. Arketipe bertindak sebagai platform atau model dari mana Anda dapat memulai proses pembuatan karakter berdasarkan karakteristik. Selain tiga, ada tiga banyak arketipe lain yang dapat Anda sertakan saat alur cerita bertambah. Anda bahkan dapat menggunakan arketipe yang sama pada beberapa karakter yang berbeda, tetapi pastikan untuk membuat masing-masing unik dan karakter mudah diingat. Beberapa arketipe dapat digunakan untuk orang baik dan orang jahat. Penggunaan arketipe hanya dibatasi oleh sejauh mana kreativitas Anda berjalan. Berikut adalah beberapa arketipe yang cukup umum dalam komik saat ini.

Pahlawan / Pahlawan

Protagonis, "pria" utama atau "cewek". Apa pun yang disebut oleh sebagian besar orang, mereka semua memiliki sifat atau fitur yang dapat dikenali yang sama dengan seorang wanita. Bersemangat, tanpa pamrih dan rela berkorban demi kebaikan yang lebih besar adalah beberapa karakteristik seorang pahlawan. untuk mencari tahu dan mulai membuat arketipe ini karena merupakan salah satu yang paling mudah dari grup untuk memulai. Ini karena, sebagian besar orang bertekad untuk mencari tahu siapa pahlawan itu dan dalam prosesnya mulai menunjukkan nilai-nilai kritis dari karakter heroik. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki nilai-nilai seperti itu di dalam diri Anda. Karakteristik khas dari arketipe pahlawan meliputi, keberanian, kejujuran, patuh, tidak mementingkan diri sendiri, dan tidak takut.

Penjahat

Antagonis, musuh bebuyutan, supervillain, atau secara sederhana "orang jahat / gal". Pola dasar ini adalah kebalikan langsung dari pola dasar pahlawan. Bagi sebagian orang, menciptakan penjahat itu menyenangkan dan menarik terutama karena kemungkinan yang hampir tak terbatas pada apa yang mendorong karakter menjadi begitu jahat. Sifat mereka bervariasi dari entitas yang sangat bermasalah, misterius hingga individu jahat yang sangat sadis dan benar-benar jahat. Membesar-besarkan bagaimana mengancam penjahat kadang-kadang diperlukan untuk menunjukkan sejauh mana ia akan pergi untuk mencapai ambisinya. Penjahat itu sama pentingnya dengan arketipe pahlawan dan jika arketipe yang lain tidak ada, peran yang lain akan memiliki sedikit atau tidak ada tujuan dalam cerita.

Bunga Cinta

Minat cinta mewakili ketertarikan romantis atau kekaguman dari karakter utama. Minat cinta serta karakter utama hampir selalu terlibat dalam plot romantis / sub-plot alur cerita. Pola dasar ini mewakili dorongan laki-laki / perempuan atau hasrat seksual dalam satu karakter. Pola dasar minat cinta tidak terbatas pada karakter utama saja dan karakter ini juga dapat dibuat untuk arketipe lain. Kemungkinan romantis sering muncul setelah kemungkinan minat cinta disajikan dalam alur cerita.

Sahabat

Lebih dikenal sebagai karakter pendukung; sahabat / mitra adalah karakter yang memiliki hubungan dekat atau baik dengan tiga karakter utama. Ada beberapa pendekatan untuk menggunakan arketipe pengiring dalam alur cerita Anda dan dalam satu contoh: pengacau. Karakter yang selalu mendapat masalah (karena itu namanya) . Pengacau atau orang bodoh cocok dengan alur cerita dalam keadaan bingung dan selalu tentang pertanyaan di mana pada titik tertentu membantu pembaca / penonton memahami atau berhubungan dengan situasi atau karakter; tergantung pada apa pola dasar yang diminta.

Sang Mentor

Mentor adalah karakter dengan pengetahuan luar biasa yang terbukti sangat membantu protagonis. Dalam beberapa kasus, bahkan penjahat memiliki mentor. "Mentoring" berasal dari individu yang dapat membantu melatih, memberi nasihat dan berbagi pengalaman mereka dengan protagonis / anak didik. Mentor juga dapat bertindak sebagai pendukung dan dengan pengetahuan dan pengalaman luas yang terkait dengan pola dasar ini, "mentoring" tidak selalu berarti bahwa itu harus berasal dari orang yang sama atau dibatasi untuk satu karakter. Peran seorang mentor dapat dipisahkan dengan karakter dengan keahlian khusus dan pengetahuan mereka sendiri di bidang yang berbeda. Misalnya: protagonis dapat belajar tentang senjata dari pandai besi. , peran tempur dari sersan bor, atau sihir dari penyihir hebat. Pandai besi,

Trickster

Pola dasar ini umumnya dikaitkan dengan penipuan dan bahkan pengkhianatan. Tokoh-tokoh penipu terkenal menimbulkan keraguan di benak orang lain dan hampir selalu mencari sisi yang paling menguntungkan mereka. Inilah yang membuat karakter penipu menonjol dari yang lain. Penipu kadang-kadang bisa sama dengan protagonis maupun antagonis dan persepsi atau tindakan mereka dapat menyebabkan mereka menjadi pahlawan yang tidak mungkin atau "pencuri adegan" yang juga memiliki sisi buruknya. Pola dasar ini menantang perspektif yang lain termasuk si protagonis / antagonis. Penipu juga dapat meyakinkan keputusan mereka menjadi orang-orang yang paling menguntungkannya. Jika dilakukan dengan benar, pengaruh karakter penipu tunggal dapat memengaruhi tokoh karakter yang terlibat atau bahkan seluruh alur cerita.
Menciptakan karakter wanita? Lihat beberapa ide di sini .
Ini adalah beberapa arketipe dasar yang paling akrab dengan Anda. Anda selalu dapat mencoba untuk menggabungkan beberapa aspek dari arketipe yang berbeda dan menggabungkannya dalam karakter tunggal. Hal ini dapat menyebabkan pembuatan karakter yang sangat kompleks dan unik tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, dapat juga membingungkan pembaca dan membuat alur cerita menjadi sulit untuk diikuti. Anda juga harus ingat bahwa tidak perlu memasukkan setiap arketipe yang berbeda ke dalam cerita Anda. Terlalu banyak karakter dengan arketipe atau peran yang berbeda sering kali dapat membingungkan pembaca, menyulitkan plot, atau terburuk ; Anda berisiko memiliki peran yang tumpang tindih dengan karakter yang terlibat (tidak ada yang menonjol dari grup). Beberapa arketipe cocok dengan alur cerita tertentu, sementara yang lain tidak. Ini sebabnya Anda harus merujuk ketika Anda membuat alur cerita dan memutuskan karakter mana yang terlibat.

Stick To The Storyline

Setiap orang memiliki pendekatan mereka sendiri terhadap penciptaan karakter. Beberapa mulai dengan merencanakan karakter dan merancang mereka sebelum mereka menulis jalan cerita. Ada juga yang menulis alur cerita terlebih dahulu sebelum merencanakan karakter. Kami sarankan untuk menulis cerita terlebih dahulu sebelum Anda memulai dengan hal lain. Masalah dengan perencanaan dan mendesain karakter Anda terlebih dahulu adalah Anda selalu kembali mendesain ulang karakter karena perubahan yang Anda buat setelah Anda mulai menulis alur cerita - dan ini selalu terjadi. Meskipun ini mungkin terlihat seperti masalah kecil, itu memakan waktu dan ada kemungkinan bahwa Anda berisiko merusak ide awal karakter Anda ketika Anda terus bolak-balik mendesain ulang.
Dengan menulis alur cerita terlebih dahulu, Anda akan dapat melanjutkan dengan merencanakan karakter Anda berdasarkan pengaturan dan plot alur cerita. Ini juga membantu Anda menghindari menyimpang terlalu jauh dari konsep dan desain karakter asli berdasarkan alur cerita. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menulis alur cerita untuk komik, kunjungi halaman Menulis Komik Di Sini .

Saya tidak punya ide!!

Ada banyak inspirasi di sekitar Anda setiap hari ketika membuat karakter untuk komik. Jika Anda menikmati orang-orang menonton, Anda akan dapat menyesuaikan situasi sehari-hari, dan orang-orang dengan karakter yang Anda coba buat.
Jika Anda kehabisan ide atau tidak bisa memikirkan apa pun untuk sebuah karakter, Anda dapat mencoba melakukan ini sebagai gantinya.
  • Dengan buku catatan dan pena, berjalan-jalan ke tempat umum misalnya: kedai kopi, stasiun bus, atau pusat perbelanjaan.
  • Temukan tempat yang nyaman untuk duduk atau bersantai dan memiliki pandangan yang jelas ke sekitarnya.
  • Setelah Anda merasa nyaman, ingatlah kutipan dari V for Vendetta oleh Alan Moore ini
“Semua orang istimewa. Semua orang. Semua orang adalah pahlawan, kekasih, bodoh, penjahat. Semua orang. Semua orang punya cerita sendiri. ”
  • Kutipan ini sendiri dapat membantu Anda mendapatkan ide untuk karakter atau bahkan alur cerita / alur cerita yang hebat.
  • Anda tidak perlu menjadi seorang paranormal atau psikiater untuk melakukan ini atau mendekati semua orang dan berbicara tentang kehidupan mereka. Secara pribadi, kutipan tersebut memberi tahu kita bahwa setiap orang memiliki karakteristik atau kebiasaan mereka sendiri dan Anda dapat benar-benar mengetahui bagaimana keadaannya. dengan cara mereka berjalan, bahasa tubuh mereka, cara mereka berbicara, bahkan sampai ke bagaimana mereka memandang orang lain atau bagaimana mereka memegang secangkir kopi mereka. Dalam perilaku orang-orang inilah Anda bisa mendapatkan banyak ide.
  • Tuliskan apa yang menurut Anda dapat Anda lakukan menjadi karakter komik (Anda dapat mengambil gambarnya tetapi ini dapat membuat pihak lain merasa tidak nyaman dan mungkin membuatnya kesal). Cobalah untuk mendapatkan perilaku atau kebiasaan yang menonjol dari yang lain. Alasannya adalah bahwa Anda sebenarnya mengumpulkan sumber daya karakteristik dan sifat dari orang sungguhan untuk memengaruhi Anda dalam menciptakan karakter. Cara Anda menafsirkan atau menerjemahkan apa yang Anda lihat adalah bahan utama dalam hal ini. Ini karena Anda melihatnya dari sudut pandang Anda dan apa pun yang Anda pikirkan darinya berasal secara alami dari Anda, yang menjadikannya IDE ANDA!
  • Kami tidak menganjurkan Anda untuk menguntit bahwa satu orang sepanjang perjalanan kembali ke rumah dan mendokumentasikan setiap hal yang dia lakukan. Cukup tuliskan minat Anda saat itu juga. Cobalah untuk mendapatkan beberapa karakteristik atau sifat yang berbeda dari beberapa orang yang berbeda di sekitar Anda.
  • Jika seseorang menangkap Anda melakukan ini dan bertanya, katakan kepada mereka bahwa Anda sedang meneliti (ya, Anda benar-benar sedang meneliti) tentang karakteristik untuk karakter komik yang sedang Anda kerjakan dan tanyakan apakah mereka tahu ada ide bagus. Kebanyakan akan senang untuk bantuan dan beberapa memberikan ide-ide gila yang sebenarnya bisa sangat menarik.
Walaupun sulit untuk mengabaikan karakter komik terkenal lainnya tetapi sayangnya, Anda harus mencobanya. Saat Anda mulai membuat karakter yang terlihat, dan bertindak seperti karakter komik lainnya, orang perlahan akan mulai kehilangan minat. Mendasarkan karakter Anda pada orang yang Anda kenal atau hubungi adalah cara unik untuk membuat karakter untuk komik Anda.
Ketika Anda mulai membuat karakter, Anda akan menemukan bahwa ide-ide mengalir bebas, dan menuliskan semuanya dapat menjadi cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda tidak melupakan hal-hal penting. Brainstorming sangat ideal, dan dapat dilakukan di mana saja kapan saja, siang atau malam hari. Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak dapat tidur, dan sedang menulis ide-ide baru tentang membuat karakter. Meskipun Anda tidak akan pernah menggunakan semua ide, Anda akan terkejut dengan banyaknya ide hebat yang muncul. Menganalisa semua ide Anda akan jauh lebih mudah jika semuanya ditulis. Menciptakan karakter adalah proses yang sangat inspiratif, dan itu bisa sangat menyenangkan.

Buku yang Direkomendasikan

Superheroes and Beyond: Bagaimana Menggambar Karakter Memimpin dan Mendukung Komik Hari Ini oleh Christopher Hart

Superheroes and Beyond: Bagaimana Menggambar Karakter Terkemuka & Mendukung Komik Today berasal dari penulis terlaris menggambar dan buku kartun dan memberikan petunjuk langkah-demi-langkah tentang cara mengembangkan karakter serta menggambar mereka. Dari penggunaan pose-pose terang dan gelap dan foreshortening hingga dinamika dan aksi pahlawan super, ini jauh melampaui pendekatan khas Anda 'cara menggambar komik'.


Desain Karakter Kreatif oleh Bryan Tillman

Cerita dan karakter sangat mirip dengan resep dan bahan: ketika mereka bekerja bersama mereka dapat membuat keseluruhan yang lebih besar-Bryan mendapatkan konsep ini dan itu terbukti dalam buku yang mudah dicerna ini. Yang harus dimiliki bagi siapa pun yang mencoba mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang apa yang masuk ke dalam desain karakter.


Cari Tahu !: Panduan Pemula untuk Menggambar Orang oleh Christopher Hart

Saya pikir ini adalah buku yang fantastis untuk pemula. Pose-pose itu bagus sebagai referensi cepat untuk gambar sederhana. Topik-topiknya mendidik, informatif, dan mudah dipahami. Buku yang bagus untuk pemula, bahkan seniman menengah untuk ditambahkan ke perpustakaan mereka.


Posting Komentar

0 Komentar