About Me

gambar koala

Merencanakan Penciptaan Karakter Anda

Protagonis vs Antagonis

Banyak orang menjadi bingung ketika harus membedakan keduanya. Ada yang mengatakan bahwa protagonis adalah orang baik melawan orang jahat, yang adalah antagonis. Yang lain menyimpulkan bahwa protagonis mewakili apa yang benar seperti pahlawan, sedangkan antagonis menentang apa yang diperjuangkan oleh protagonis, mirip dengan penjahat. Keduanya benar tetapi masalahnya ada pada bagaimana itu digunakan.
Dalam film, komik, serial kartun, kita hampir selalu disajikan dengan pahlawan menjadi protagonis dan kita biasanya berasumsi bahwa siapa pun yang menentang pahlawan, dia pasti penjahatnya. Tetapi istilah protagonis dan antagonis bekerja untuk pahlawan, penjahat dan arketipe lainnya juga. Ini hanya masalah perspektif. Protagonis adalah karakter utama dari cerita - ini bisa berupa penjahat atau pahlawan. Antagonis adalah orang yang menentang protagonis - dalam kasus di mana penjahatnya adalah protagonis, pahlawan, yang menentang penjahat adalah antagonis. Ini adalah salah satu cara unik dalam bercerita dan dengan menempatkan penjahat atau arketipe lain sebagai protagonis, Anda akan dapat mengikuti alur cerita melalui sudut pandang yang sangat berbeda.

Realisme

Anda akan membutuhkan karakter Anda untuk membawa sesuatu yang baru ke genre buku komik, dan memastikan bahwa karakteristik dan kemampuan mereka mudah diingat. Memikirkan kepribadian karakter Anda sangat penting, dan ini bisa ke arah mana pun yang Anda inginkan. Anda mungkin ingin karakter Anda berani, atau pemalu, jahat, atau baik. Ada banyak ciri kepribadian berbeda yang dapat dimiliki oleh karakter; Namun, mereka harus dapat dipercaya.
Meskipun menjadi karakter fiksi, Anda mungkin ingin tetap merasa realisme saat membuatnya. Kami memiliki, dalam artikel terkait lainnya, menyebutkan berlatih berlebihan ketika menggambar karakter komik. Mengapa tidak? Menyenangkan, menambah keunikan karakter dan pasti tidak membatasi gaya seni Anda. Tetapi perlu diingat bahwa menambahkan lebih banyak realisme atau apa pun yang masuk akal saat membuat karakter sebenarnya dapat membuat pembaca berhubungan dengan karakter lebih baik.
Saat proses pembuatan karakter berlangsung, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana Anda ingin karakter tersebut terlihat di masa depan. Setiap petualangan memiliki kesimpulan dan setiap cerita berakhir. Menjadi pada sisi logis dari berbagai hal, karakter tidak akan terlihat sama dengan ketika dia memulai. Tapi ini komik, tidak semuanya logis! Benar. Tetapi seperti yang disebutkan sebelumnya, lebih baik untuk menambahkan rasa realisme saat membuat karakter. Menjadi logis adalah sesuatu yang bisa dipahami oleh kebanyakan orang dan perkembangan karakter Anda tidak terkecuali. Saat pakaian dan peralatan lainnya dapat aus, karakter Anda tetap menua meskipun tidak secara fisik. Mentalitasnya tumbuh dan karakter Anda memiliki persepsi yang lebih matang. Semua hal yang dialami karakter Anda di masa lalu dapat memengaruhi persepsi, pemikiran, keputusan, dan akhirnya penampilan karakternya.
Meskipun karakter Anda sangat mungkin menjadi pahlawan, mereka akan membutuhkan kelemahan, dan ini bisa apa saja. Tidak ada yang sempurna, dan bahkan pahlawan buku komik terbaik dapat dikalahkan oleh sesuatu. Bahkan Superman memiliki kelemahan. Baik fisik maupun emosional, kelemahan dapat datang dalam berbagai bentuk. Tidak pernah membuat karakter komik Anda tak terkalahkan. Ketidakcocokan atau kesempurnaan dapat dianggap membosankan dan bahkan bisa memperlemah alur cerita.

Referensi: Baru vs Asli

Sangat sulit untuk menciptakan sesuatu yang sepenuhnya orisinal, tetapi apakah menciptakan sesuatu yang baru sama sulitnya?
Ketika membuat sesuatu yang orisinal, banyak penelitian harus dilakukan agar kreasi tersebut tidak sama atau sama dengan yang lain dari jenisnya. Pada zaman sekarang ini, kita terlalu banyak mengekspos berbagai bentuk media, budaya, sejarah, dan membuatnya sangat sulit bagi kami untuk membuat beberapa yang asli. Kami tidak mengatakan bahwa Anda tidak dapat membuat sesuatu yang asli, tetapi itu adalah proses yang sangat sulit dan memakan waktu. Ketika Anda membuat sesuatu, baik itu karakter atau cerita, Anda dapat yakin bahwa jika Anda melacak kembali bagaimana Anda mendapatkan ide, Anda akan menemukan bahwa beberapa pengaruhnya adalah hal-hal yang telah Anda lihat, baca, atau dengar. dari suatu tempat. Beberapa menyebutnya "terinspirasi oleh" atau "inspirasi" tetapi kami suka menyebutnya "referensi".
Alasannya adalah bahwa membuat referensi ke berbagai ide atau kreasi sebenarnya "membantu" Anda dalam menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda atau "baru". Membuat referensi dari karya-karya lain adalah sesuatu yang akrab dengan sebagian besar perancang karakter dan seniman konsep. Mereka terbiasa mengumpulkan sumber daya visual seperti desain, bentuk tubuh, gaya busana, binatang, dan banyak lagi untuk membantu mereka dalam pekerjaan mereka. Mereka tidak menyalin semuanya seperti apa adanya melainkan mengambil elemen dan aspek tertentu dari sumber daya yang dikumpulkan - misalnya bentuk kumbang badak, nada otot, atau desain baju besi - dan menggabungkan mereka untuk membuat sesuatu yang baru. Jangan salah, walaupun membuat referensi agak lebih mudah daripada menciptakan sesuatu yang orisinal, jumlah penelitian yang diperlukan untuk itu sama banyaknya. Hal yang baik tentang itu adalah semakin banyak Anda mengumpulkan sumber daya untuk referensi Anda,

Siapa? ... Apa? ... Kapan? ... Di mana? …Mengapa? …Bagaimana?….

Salah satu hal yang membuat pembaca tertarik dengan komik selain karya seni dan plot, adalah detail karakter atau pengembangan karakter. Untuk membuat komik Anda bekerja, jangan pernah berharap pada karya seni itu sendiri untuk membuat orang mengikuti komik Anda. , karya seni yang luar biasa dan tentu saja, karakter yang hebat sangat penting dalam membuat komik yang baik. Melakukan plot dan garis waktu di tempat adalah satu hal, tetapi menciptakan karakter yang dapat dipercaya yang sesuai dengan alur cerita adalah hal yang sama sekali berbeda. Untuk mendapatkan karakter bergerak dengan segala sesuatu yang lain saat cerita berlangsung dan pada saat yang sama menciptakan pengembangan karakter yang kuat, Anda harus mulai dari penciptaan karakter dasar yang absolut.
Untuk memulai proses pembuatan karakter, Anda harus bisa memberi tahu pembaca tentang karakter itu. Salah satu cara paling sederhana untuk melakukan ini adalah dengan mengajukan sendiri pertanyaan-pertanyaan sederhana ini kepada diri Anda sendiri.
Siapa?
Siapa karakter ini? Siapa orang ini kepada orang lain? Jika karakter ini memiliki identitas ganda yang mirip dengan kasus Batman atau Spiderman, beri tahu nama baik nama asli maupun nama pahlawan super.
Apa?
Apa yang karakter ini lakukan dalam cerita? Apa karakter yang mampu? Jika ada perubahan acara, apa karakter ini sebelum dan sesudah perubahan? Apa kekuatan karakter ini. Apa tujuan karakter ini?
Kapan?
Garis waktu ketika cerita terjadi.
Dimana?
Ini biasanya tempat di mana peristiwa yang mengubah karakter terjadi. Asal usul karakter Anda.
Mengapa?
Di sinilah dibutuhkan waktu. The "why" pada dasarnya adalah cerita latar belakang untuk karakter Anda. Ringkasan ini adalah di mana Anda dapat menjelaskan detail karakter Anda. Anda juga dapat menunjukkan persepsi, motivasi, dan tujuan jika Anda mau. Dan bagaimana dia suka menangani sesuatu.
Bagaimana?
Di sinilah Anda dapat menjelaskan tentang bagaimana karakter Anda suka menangani sesuatu atau menunjukkan bagaimana karakter berubah setelah kecelakaan atau bagaimana kekuatan karakter bekerja. Tidak apa-apa jika Anda telah menyebutkan beberapa detail di bagian "mengapa".
Dengan enam pertanyaan di atas, Anda pada dasarnya dapat membuat karakter Anda sendiri dari awal dan benar-benar memiliki pemahaman dasar tentang semua karakter tersebut. Dengan ini, setiap kali ada orang bertanya kepada Anda tentang karakter yang Anda buat, Anda dapat dengan mudah memberi tahu mereka tentang hal itu. Intinya adalah untuk memiliki ide dasar karakter Anda yang Anda sepakati dan dapat dipercaya atau dimengerti oleh orang lain juga.

Warna

Sebagian besar akan berpikir bahwa bagian pewarnaan dari penciptaan komik adalah proses yang mudah. Dalam beberapa kasus, memang demikian, tetapi masalahnya sebenarnya bisa dimulai sebelum Anda mulai mewarnai. Anda harus mulai dari dasar absolut yang menentukan warna - abaikan saja dan Anda bisa berharap banyak gundukan dan cegukan di sepanjang jalan. Proses pewarnaan meliputi skema warna, gambar bertinta, warna datar serta highlight. Kami tidak akan membahas semua itu sekarang. (Kami akan melakukan itu dalam proses pembuatan komik langkah demi langkah - bagian pewarnaan).
Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih warna yang tepat untuk karakter Anda. Mulai dari warna kulit, rambut, mata, pakaian, gadget, aksesori, dan banyak lagi. Tetapi sebelum Anda memutuskan warna yang akan digunakan untuk semua ini, lihatlah roda warna pelengkap di bawah ini.

Warna Pelengkap


Warna komplementer adalah set warna berbeda yang “menonjol” dari set warna berlawanan lainnya atau warna yang “melengkapi” dan bekerja dengan baik dengan warna berlawanan lainnya. Di roda warna, kuning adalah kebalikan dari ungu, hijau kebalikan dari merah, yang berarti kuning bekerja dengan baik dengan ungu dan membantu membuat objek dengan warna "lebih menonjol". Sama halnya dengan hijau dan merah. Ini karena warna komplementer tidak memiliki nilai warna yang sama. Mari kita lihat cara kerjanya.
Ini adalah pohon apel normal. Kita dapat dengan jelas melihat apel merah yang tergantung di antara daun. Ini karena apel merah tidak memiliki nilai warna yang sama dengan daun hijau dan menjadi warna pelengkap satu sama lain beberapa apel merah dipisahkan dari sebagian besar daun hijau. Jika apel menjadi hijau, itu akan menjadi sulit untuk melihatnya karena mereka memiliki nilai warna yang terkait.
Ini adalah contoh lain. Jika kita mewarnai pakaian karakter merah dan mewarnai dinding latar belakang dengan oranye kita dapat melihat bahwa pakaian itu agak menyatu dengan dinding latar belakang, ini karena warna-warna ini adalah nilai warna yang terkait.
Sekarang mari kita ubah warna pakaian menjadi biru dan sekarang Anda dapat melihat bahwa karakter tidak lagi terlihat menempel di dinding. Keuntungan dari pewarnaan komplementer membantu karakter “menonjol” dari latar belakang hanya dengan langkah sederhana.
Memutuskan warna terlebih dahulu membantu Anda mengetahui bagian mana dari karakter yang ingin Anda beri lebih banyak untuk dilihat orang. Ini biasanya melibatkan beberapa warna, lebih banyak jika Anda memasukkan warna (mungkin sedikit kurang jika karakter Anda adalah seorang pahlawan super). Gambar roda warna komplementer di atas sebagian besar mencakup warna-warna dasar. Jika Anda mencari detail lebih lanjut tentang warna komplementer, silakan kunjungi colorschemedesigner.com. Skema Warna Designer.com memiliki nilai warna yang lebih baik dan lebih terperinci yang dapat Anda gunakan dan Anda juga dapat menyesuaikan tema dengan yang paling sesuai untuk Anda. 
Untuk lebih lanjut tentang komik mewarnai - KLIK DI SINI .

dari : http://www.creativecomicart.com/character-creation-2---planning.html

Posting Komentar

0 Komentar