About Me

gambar koala

Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal Per Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Komputer Akuntansi kelas XI



Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal
Per Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Mata Pelajaran                    :     Komputer Akuntansi
Kelas                                      :     XI
Satuan Pendidikan              :     SMK/MAK

No.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kriteria  Ketuntasan Minimal

Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Nilai KKM (%)
1.

2.







3.








































































4.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.     Menerapkan prosedur program komputer akuntansi 
3.2.     Menerapkan file data akuntansi untuk perusahaan jasa
3.3.     Menganalisis daftar akun untuk perusahaan jasa
3.4.     Menganalisis saldo-saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item pelayanan jasa atau kartu item barang dagang, kartu aset tetap pada perusahaan jasa.
3.5.     Menganalisis transaksi-transaksi yang terkait dengan pembelian: bahan-bahan perlengkapan (supplies), aset tetap dan transaksi pembayaran utang pada perusahaan jasa.
3.6.     Menganalisis transaksi-transaksi yang terkait dengan penjualan jasa dan transaksi pelunasan piutang jasa pada perusahaan jasa.
3.7.     Menganalisis transaksi-transaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/kas di bank (bukan dari hasil penjualan jasa) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan jasa.
3.8.     Menganalisis transaksi-transaksi penyesuaian (adjustments) pada akhir periode akuntansi termasuk dan membuat rekonsiliasi kas di bank pada
3.9.     Mengevaluasi laporan keuangan perusahaan jasa.

3.10.   Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa.
3.11.   Menerapkan file data akuntansi untuk perusahaan dagang.
3.12.   Menganalisis daftar akun untuk perusahaan dagang.
3.13.   Menganalisis pencatatan saldo pada kartu (piutang, utang, item perlengkapan (supplies), item barang dagang, aset tetap) pada perusahaan dagang.
3.14.   Menganalisis transaksi-transaksi yang terkait dengan pembelian: bahan-bahan perlengkapan (supplies),barang dagangan, aset tetap dan  transaksi pembayaran utang pada perusahaan dagang.
3.15.   Menganalisis transaksi-transaksi yang terkait dengan penjualan barang dagangan  dan transaksi pelunasan piutang  pada perusahaan dagang.
3.16.   Menganalisis transaksi-transaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang dagangan) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan dagang.
3.17.   Menganalisis transaksi-transaksi penyesuaian (adjustments) pada akhir periode akuntansi termasuk dan membuat rekonsiliasi kas di bank pada perusahaan dagang.
3.18.   Menganalisis laporan keuangan perusahaan dagang.
3.19.   Menerapkan file back up untuk data akuntansi perusahaan dagang.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret  dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1.     Menginstal program komputer akuntansi 
4.2.     Membuat file data akuntansi untuk perusahaan jasa
4.3.     Menyusun daftar akun untuk perusahaan jasa
4.4.     Mengentry saldo kartu-kartu piutang, utang, item perlengkapan (supplies), item pelayanan jasa atau item barang dagang, aset tetap pada perusahaan jasa
4.5.     Mengentry transaksi-transaksi yang terkait dengan pembelian: bahan-bahan perlengkapan (supplies), aset tetap dan transaksi pembayaran utang pada perusahaan jasa.
4.6.     Mengentry transaksi-transaksi yang terkait dengan penjualan jasa dan transaksi pelunasan piutang jasa pada perusahaan jasa.
4.7.     Mengentry transaksi-transaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/kas di bank (bukan dari hasil penjualan jasa) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan jasa.



4.8.     Mengentry transaksi-transaksi penyesuaian (adjustments) pada akhir periode akuntansi termasuk dan membuat rekonsiliasi kas di bank pada perusahaan jasa.
4.9.     Mencetak laporan keuangan perusahaan jasa.
4.10.   Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa.
4.11.   Membuat file data akuntansi untuk peru-sahaan dagang.
4.12. Menyusun daftar akun untuk perusahaan dagang..
4.13.   Mengentry saldo pada kartu (piutang, utang, item perlengkapan (supplies),  item barang dagang, aset tetap) pada perusahaan dagang.
4.14. Mengentry transaksi-transaksi yang terkait dengan pembelian: bahan-bahan perlengkapan (supplies), barang dagangan, aset tetap dan transaksi pembayaran utang pada perusahaan dagang.
4.15. Mengentry transaksi-transaksi yang terkait dengan penjualan barang dagangan dan transaksi pelunasan piutang pada perusahaan dagang.
4.16. Mengentry transaksi-transaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang dagangan) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan dagang.
4.17. Mengentry transaksi-transaksi penyesuaian (adjustments) pada akhir periode akuntansi termasuk dan membuat rekonsiliasi kas di bank pada perusahaan dagang.
4.18. Mencetak laporan keuangan perusahaan dagang.
4.19.   Membuat file back up untuk data akuntansi perusahaan dagang.





Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya

Posting Komentar

0 Komentar