Sekarang, Anda memiliki (setidaknya) ide kasar tentang bagaimana karakter Anda. Dengan semua persiapan yang telah Anda lakukan di bagian perencanaan, Anda dapat mulai menggambar desain Anda. Di sinilah aksi dimulai. Di sinilah Anda menemukan desain, tampilan dan nuansa karakter. Itu bisa mulai dari fitur wajah, tinggi / berat, sampai ke desain kostum, pose dan gaya bertarung.
Perubahan Menit Terakhir
Bahkan ketika Anda selesai merencanakan penampilan karakter Anda, ide-ide dan perubahan menit terakhir sering keluar selama proses menggambar. Anda akan mendapatkan ide-ide menit terakhir ini hampir selalu pada saat Anda mulai meletakkan pensil di atas kertas atau ilustrasi. Kebanyakan menggambar apa yang terlintas dalam pikiran dan akhirnya mengubah desain aktual yang direncanakan.
Meskipun kami menentangnya, saat-saat perubahan ini hampir selalu terjadi. Bahkan, banyak komikus dan seniman konsep cenderung membuat perubahan menit terakhir pada desain yang akhirnya membuatnya menjadi desain akhir.
Masalahnya, sebagian besar seniman membuat kesalahan dengan mengorek desain karakter asli dan membangun apa yang baru saja mereka pikirkan beberapa saat yang lalu. Jika Anda memutuskan untuk menambahkan hal-hal menit terakhir, ingatlah ini - jangan pernah membuang desain karakter asli. Gunakan sebagai basis dan gambarkan ide-ide baru atau perubahan menit terakhir di atasnya. Ini adalah suatu norma bagi sebagian orang untuk mendapatkan ide-ide baru ketika menggambar tetapi hanya melupakannya beberapa menit kemudian. Untuk mengatasinya, dan pada saat yang sama tidak bertentangan dengan desain karakter awal, setiap kali Anda memiliki ide atau ingin bereksperimen pada sesuatu yang mungkin terlihat baik pada karakter Anda, gambarkan mereka pada kertas yang berbeda atau pisahkan bagian kertas / permukaan yang Anda sedang mengerjakan.
Tinggalkan apa pun yang sedang Anda kerjakan saat ini dan berkonsentrasi pada ide yang baru saja Anda miliki. Setelah selesai, Anda dapat kembali ke karya seni awal dan terus bekerja di tempat Anda tinggalkan. Dengan melakukan ini, Anda dapat mencegah diri Anda menuangkan semua yang ada dalam pikiran Anda, baik atau buruk, pada satu potong dan alih-alih mengerjakannya secara terpisah. Di satu sisi, Anda sebenarnya menyortir berbagai desain yang Anda pikirkan dan membuatnya lebih mudah untuk referensi di masa depan.
Cari Ide yang Diabaikan - Konsep Seni Tolak
Meskipun proses kepribadian dan pengembangan karakter sering dilakukan dalam penulisan komik terlebih dahulu, ada banyak cara untuk mendapatkan ide untuk karakter Anda, seperti menonton film, membaca komik lain, buku seni dan bahkan konsep seni dari permainan dan film . Anda bisa mendapatkan ide-ide merancang yang hebat dari konsep seni. Sebagian besar film, permainan, dan komik memiliki banyak konsep seni tetapi hanya beberapa yang terpilih yang melewati tahap akhir produksi. Sisa karya seni akan dibuang (biasanya ditempatkan di buku konsep seni ) atau disimpan untuk digunakan di masa mendatang.
Yang kami sarankan adalah Anda mulai menjelajahi buku-buku seni permainan atau film atau melihat melalui beberapa konsep seni yang memiliki tema yang sama seperti yang sedang Anda kerjakan. Artis konsep yang bekerja pada desain dan tampilan permainan dan film adalah beberapa yang terbaik di industri. Setiap karya dari mereka pasti layak untuk dilihat. Anda juga harus mempelajari tahapan berbeda yang dilalui karakter dan mempelajari bagaimana dan mengapa hasilnya dipilih alih-alih sisanya. Artis konsep atau pengembang game biasanya menaruh catatan di dalam buku seni, jadi perhatikanlah hal itu. Jangan khawatir tentang pekerjaan Anda dipengaruhi dari buku-buku seni atau takut “mencuri” apa pun ide-ide yang mungkin masih digunakan oleh pengembang. Jika ada sesuatu untuk digunakan di masa depan, pengembang / artis tidak akan menempatkannya di buku konsep seni di tempat pertama.
Baik atau buruk
Setiap penampilan karakter dapat menggambarkan atau terkait dengan peran dan tujuan mereka dalam sebuah cerita. Tidak masalah jika karakter yang Anda ciptakan akan menjadi sahabat karib, penjahat, anti-pahlawan, atau pemimpin tim. Desain atau penampilan karakter harus dapat menceritakan peran dan kepribadiannya dalam komik. Cara yang lebih mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat profil untuk karakter yang akan Anda buat (Anda telah melakukan ini di bagian perencanaan) .Deskripsi karakter Anda dapat membantu memberi Anda gambaran kasar tentang bagaimana Anda ingin karakter Anda terlihat dan pada saat yang sama, bertindak sebagai dasar bagi Anda untuk mengembangkan kepribadian karakter Anda.
Ambil Kapten Amerika misalnya. Setiap kali ada yang menyebut namanya, orang akan langsung ingat pria dengan kostum bertema bendera Amerika mengalahkan orang jahat dengan perisainya. Musuh bebuyutannya, Tengkorak Merah, digambarkan sebagai seorang pria dengan wajah seperti tengkorak merah, yang biasanya mengenakan seragam petugas WW2 Nazi (kadang-kadang dimodernisasi) dengan ban lengan swastika merah. Sekarang, ketika dua karakter ini diletakkan berdampingan atau saling berhadapan, orang dapat dengan mudah menebak siapa penjahat atau pahlawan super berdasarkan tampilan karakter atau desain. Dengan itu saja, pembaca harus dapat langsung mengetahui peran karakter
Inilah sebabnya mengapa Anda harus meneliti ketika memutuskan pola dasar karakter / s karena dapat sangat mempengaruhi bagaimana mereka terlihat. Namun, ada arketipe yang tidak benar-benar memberikan banyak pada penampilan mereka seperti arketipe lainnya, misalnya - arketipe penipu sering digambarkan sebagai individu dengan tampilan pemberontak, atau di suatu tempat di sekitar garis di mana itu menunjukkan bahwa mereka tidak boleh dipercaya sepenuhnya tetapi ada beberapa karakter arketipe penipu yang ditampilkan memiliki tampilan yang tajam dan tampak dapat dipercaya, tetapi secara halus menunjukkan sifat yang lebih gelap dan menipu.
Hal terburuk yang bisa terjadi ketika membuat karakter adalah Anda mulai membuatnya terlihat dan terdengar seperti karakter komik lainnya. Ini banyak terjadi, dan karakter baru sangat sulit untuk muncul (tetapi tidak pernah sepenuhnya mustahil). Dengan imajinasi yang tepat menciptakan karakter bisa sangat mudah dan langsung.
Detail & Gaya
Tergantung pada lingkungan, pencahayaan atau bayangan, detail karakter Anda adalah salah satu dari beberapa hal yang dapat membuat atau menghancurkan desain untuk karakter. Ada garis tipis antara terlalu banyak detail dan terlalu sedikit. Garis yang menunjukkan keterpercayaan karakter. Kami telah membahas kelompok umur yang berbeda dan berapa banyak detail yang ditetapkan untuk setiap kategori dan dari sana Anda dapat melihat bagaimana perbedaan jumlah detail dapat mempengaruhi gambar yang lebih besar. Memiliki terlalu banyak detail untuk karakter anak dan kelompok usia balita tidak akan menjadi pendekatan yang baik dan memiliki sedikit detail untuk karakter untuk kelompok usia dewasa mungkin tidak akan mendapatkan banyak perhatian dari penonton.
Kapan saja detail disebutkan, orang tidak bisa tidak untuk menghubungkannya dengan gaya seni karya. Inilah sebabnya mengapa gaya seni Anda harus memiliki fleksibilitas ketika datang ke desain. Gaya seni sering dijadikan alasan biasanya ketika desain memiliki detail yang sangat sedikit. Beberapa bahkan melangkah lebih jauh dan mengatakan bahwa jika lebih banyak detail dimasukkan ke dalam desain, tidak akan menjadi "gaya" nya. Masalahnya bukan tentang gaya seni Anda, tetapi pada seberapa jauh Anda akan meyakinkan penonton untuk percaya pada apa yang Anda gambar. Entah itu atau fakta bahwa Anda hanya malas. Sebagai contoh: Anda tidak dapat menyalahkan audiens / pembaca ketika mereka keliru menggambar mobil Anda dengan botol air mineral dengan jendela yang terpotong. Bukan gaya seni Anda yang menjadi masalah,
Meskipun kami masih dalam proses pembuatan karakter, kami tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya menambahkan detail pada apa yang Anda gambar. Intinya adalah jangan pernah mengabaikan detail dalam karya seni Anda. Ini bisa sesederhana memberikan efek bayangan bagi sosok karakter Anda, hingga menambahkan desain rumit untuk detail baju besi. Manusia tertarik pada gambar yang secara visual lebih menyenangkan daripada kebanyakan hal dan dengan menambahkan detail pada karakter atau objek, ia dapat tingkatkan perhatian pemirsa saat itu.
Hanya sedikit yang akan memperhatikan keserbagunaan seorang komikus yang benar-benar bagus. Di sinilah ia dapat menggambar karakter yang sama di beberapa posisi berbeda, dalam lingkungan atau situasi yang berubah dari waktu ke waktu dan masih dapat mempertahankan yang sama. jumlah detail dan gaya di setiap adegan. Ini bisa sulit untuk dicapai tetapi tidak pernah mustahil.
Pendekatan paling sederhana untuk ini adalah memoles teknik perincian Anda dan kemampuan Anda untuk menerapkannya pada apa pun yang Anda gambar. Dengan melakukan ini, Anda akan melihat bagaimana ternyata lebih dari kebiasaan bagi Anda untuk menambahkan detail ke karya seni Anda - Anda bahkan akan melakukannya untuk pekerjaan sketsa Anda. Ketika ini dilakukan secara terus menerus, pada saat Anda menyelesaikan sketsa awal Anda , Anda bahkan tidak akan menyadari bahwa Anda telah melakukan sebagian besar pekerjaan detail!
Hal lain tentang menambahkan rincian lebih lanjut tentang, selain meningkatkan kualitas karya seni Anda, adalah bahwa hal itu akan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih fleksibel, dan membantu Anda mempersiapkan diri jika ada kebutuhan untuk menggambar karakter Anda dalam situasi di mana lebih banyak detail diperlukan seperti - ekspresi wajah karakter di ruangan yang remang-remang, atau adegan pertempuran dengan banyak karakter yang terlibat. Ini bisa menjadi sedikit menakutkan mengingat ada banyak detail yang harus dikeluarkan, terutama jika itu melibatkan banyak elemen pada satu waktu (karakter, lingkungan, latar belakang, warna, dll.), Tetapi begitu Anda sudah memahami dan mengetahui apa yang terjadi di mana, menambahkan detail bisa menjadi proses yang sangat halus dan alami.
dari :http://www.creativecomicart.com/character-creation-1---designing.html
0 Komentar