Sekarang Anda sudah memiliki semua bahan gambar dan pengaturan lingkungan, sekarang saatnya untuk melanjutkan. Kami belum akan menggambar atau membuat sketsa apa pun, tetapi lebih berfokus pada untuk mengetahui seberapa baik Anda menggambar dan bagaimana meningkatkan menggunakan teknik menggambar yang sangat mudah. Banyak seniman pemula di luar sana cenderung melewati langkah ini, hanya untuk kembali setelah tidak tahu cara menggambar bentuk realistis menggunakan bentuk dan garis sederhana. Jadi, luangkan waktu Anda berlatih beberapa metode yang dipelajari di sini karena dapat terbukti sangat membantu bagi Anda setelah Anda terbiasa.
Tekanan
Tekanan adalah aspek penting yang perlu Anda pertimbangkan untuk menggambar apa yang Anda inginkan (garis, bentuk, bayangan). Dengan mengetahui cara mengontrol tekanan alat yang Anda gunakan, (pena, pensil, spidol), Anda dapat mengontrol seberapa tebal atau tipis, gelap, atau terang yang Anda inginkan.
Menekankan aliran dan ritme dari apa yang Anda gambar sangat penting dan keterampilan Anda dengan kualitas-kualitas ini dapat sangat membantu. Misalnya; jika Anda bekerja pada sosok superhero humanoid, dengan menggunakan stroke yang kuat dan lembut, Anda dapat lebih memfokuskan perhatian pemirsa terhadap bentuk tubuh. Dengan konsisten menggunakan stroke yang sama untuk menggambar sosok superhero humanoid, kualitas gambar Anda akan terlihat agak timpang dan membosankan. Tetapi ketika menggunakan stroke yang berbeda, itu selalu turun ke seberapa banyak tekanan yang Anda gunakan.
Berikut adalah beberapa pukulan yang dilakukan dengan memberikan tekanan berbeda:
Stroke Tebal - Stroke tebal dapat dicapai dengan memberikan tekanan menggunakan ujung kusam dari pensil. Stroke ini digunakan untuk menaungi area besar gambar yang berada dalam bayangan atau tertutup. Hal ini juga digunakan untuk menekankan lebih banyak bagian tubuh yang lebih besar (Bokong , perut bulat besar).
Thin Strokes - guratan tipis sangat bagus jika Anda tertarik menggambar ilustrasi terperinci dan juga untuk menggambar fitur wajah (mata, hidung, kerutan). Berikan tekanan menggunakan ujung tajam pensil untuk mendapatkan goresan tipis.
Sapuan yang lebih gelap dan ringan terutama dilakukan dengan memberikan tekanan terang atau kuat, tetapi perlu diingat bahwa dengan menambahkan terlalu banyak tekanan atau melakukannya terlalu keras karena akan meninggalkan bekas pensil bahkan setelah Anda menghapusnya.
Dark Strokes - untuk mendapatkan sapuan gelap, yang terbaik adalah menggunakan pensil tingkat lunak (6B-8B). Berikan tekanan kuat untuk pukulan ini dan gunakan pada bagian tubuh yang bersentuhan dengan objek lain. Sebagai contoh; antara cengkeraman tangan yang memegang pipa, lengan terlipat, area di sekitar bagian bawah tubuh (bokong, kaki) saat duduk.
Light Strokes - Gunakan timah keras (4H atau lebih baik) dan berikan tekanan cahaya untuk hasil terbaik saat melakukan pukulan ringan. Stroke ringan bagus untuk ilustrasi yang memiliki sumber cahaya yang kuat karena digunakan untuk menguraikan bagian yang memantulkan cahaya. juga digunakan untuk foreshortening.
Secara keseluruhan, sebagian besar stroke paling baik dilakukan dengan lead yang lebih lunak karena lead yang lebih keras sulit untuk dikerjakan ketika melakukan stroke walaupun itu lebih kuat atau lebih solid. Pensil Faber-Castell memiliki ujung lembut yang kuat, kualitas yang bagus untuk menggambar garis. Latihan di bawah ini memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Berlatih tangan Anda dan buat serangkaian garis mulai dari gelap ke terang (dengan mengurangi tekanan) dan sebaliknya.
Garis
Sebagian besar stroke crosshatching dilakukan menggunakan garis. Baik pendek atau panjang, keduanya berguna dan merupakan beberapa metode yang paling umum digunakan untuk crosshatching.
Tidak apa-apa menggunakan penggaris untuk menggambar garis tetapi tidak disarankan karena Anda tidak ingin benar-benar bergantung pada penggaris untuk menggambar garis sederhana.
Sangat disarankan agar Anda menggambar garis tanpa perlu penggaris dan membiasakan diri menggambar garis secara bebas. Setelah latihan teratur, Anda akan melihat bahwa Anda menjadi lebih percaya diri ketika mengerjakan garis dan pada saat yang sama membuat garis yang Anda gambar tampak alami.
Garis pendek bagus ketika digunakan untuk membuat crosshatching. Garis untuk garis pendek harus memiliki panjang yang seragam karena jika beberapa garis terlalu panjang, Anda akan mengalami kesulitan mengendalikan konsistensi yang diperlukan.
Garis lurus panjang biasanya digunakan untuk menggambar desain dengan bentuk geometris seperti rumah, gedung pencakar langit, gedung perkantoran..etc. Ketika menggambar garis lurus panjang, Anda dapat menggunakan penggaris tetapi hanya untuk membantu Anda secara visual dalam menyelaraskan dari struktur atau gambar dan pembuatannya. Pastikan Anda mendapatkan pengukuran / proporsi yang tepat.
Berlatih dengan garis-garis pendek ini dapat meningkatkan konsistensi Anda saat menggambar dan membantu Anda saat membuat crosshatching (yang termasuk garis-garis runcing pendek).
Menggambar garis lurus panjang meningkatkan keterampilan pengamatan Anda dan dapat membantu Anda menggabungkan dan meluruskan anggota tubuh dengan benar. Ini sangat penting dalam memastikan bahwa pengukuran dan proporsi gambar itu benar.
Kurva
Entah itu pendek atau panjang, kurva adalah dasar dari gambar. Sebagian besar gambar melibatkan kurva terutama sosok manusia.
Kurva keras banyak digunakan pada figur manusia pria. Ketika menggambar karakter pria, Anda ingin mereka menjadi solid dan memiliki fitur yang kuat untuk mewakili mereka. Area yang kurva keras paling baik digunakan untuk figur pria adalah di sekitar dagu / rahang, dada dan lengan.
Sosok wanita di sisi lain, paling baik digambar menggunakan kurva lembut. Dengan kurva lembut Anda dapat membuat gambar lebih ramping dan indah, yang sangat cocok untuk sosok wanita. Juga lebih mudah untuk menggambar bentuk jam pasir untuk wanita menggunakan kurva lembut. Anda masih dapat menggunakan kurva keras untuk figur wanita untuk membuat mereka terlihat lebih kuat dan memiliki fitur yang lebih solid, tetapi bahkan kemudian Anda akan melihat bahwa terlalu banyak kurva keras pada figur wanita akan membuatnya terlihat canggung dan kurang feminin.
Berlatih Dengan Bentuk Dasar
Seniman komik menggunakan bentuk dasar untuk banyak hal. Bentuk seperti lingkaran, segitiga, kotak sering digunakan untuk menggambar tokoh manusia, kendaraan, tokoh binatang, bangunan dan bahkan lanskap. Berikut adalah beberapa latihan umum yang dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan menggambar. apa pun yang Anda inginkan.
Shapes Inside Out - Pilih satu bentuk (lingkaran, segitiga, persegi), dan mulai dengan menggambar bentuk kecil yang Anda pilih diikuti dengan ukuran yang lebih besar dari bentuk yang sama di sekitarnya (contoh-A). Mempertahankan proporsi yang sama akan sulit tetapi tujuannya di sini adalah untuk memastikan bahwa ruang antara masing-masing bentuk secara konsisten sama. Latihan ini dapat memberi Anda kontrol yang lebih baik ketika Anda menggambar dan membuat Anda terbiasa berkonsentrasi pada bagian tertentu dari karya seni Anda. sebelum melanjutkan.
Bentuk yang Tumpang Tindih - Gambarlah serangkaian bentuk yang tumpang tindih pilihan Anda dan pastikan untuk menggambarnya dalam ukuran yang berbeda, seperti yang ditunjukkan dalam contoh B. Latihan ini dapat membantu Anda memahami bagaimana bentuk dan bentuk yang tumpang tindih dapat bekerja menciptakan kedalaman yang sangat berguna dalam komik seni.
Hanya Lingkaran - Lingkaran tidak diragukan lagi salah satu bentuk paling penting yang membantu Anda menggambar tokoh dasar (terutama tokoh manusia). Lingkaran banyak digunakan dalam membuat sketsa atau menggambar garis besar dari apa yang ingin Anda gambar. Alasan itu lebih banyak digunakan untuk sosok manusia adalah karena sosok manusia memiliki bagian tubuh yang lebih bulat daripada yang lain. Bagian tubuh seperti bahu, siku, kepala, fitur wajah semua memiliki bentuk lingkaran atau bola dan mengetahui cara menggambar lingkaran pasti dapat membantu Anda menggambar sosok manusia yang lebih baik.
Gambarlah lingkaran kecil dan gariskan secara konsisten dan seragam. Tujuannya di sini adalah berkonsentrasi menjaga agar lingkaran pada ukuran yang sama dan pada garis yang sama baik secara horizontal maupun vertikal (lihat contoh C)
(Alih-alih menggunakan jari atau pergelangan tangan Anda untuk menggambar lingkaran, Anda mungkin ingin mencoba mengunci pergelangan tangan Anda dan menggunakan gerakan lengan / bahu Anda untuk menggambarnya.)
Domino Stack - Persegi panjang sering digunakan sebagai garis besar untuk bagian tubuh yang panjang seperti lengan dan kaki. Mulailah latihan ini dengan menggambar serangkaian persegi panjang yang disusun mirip dengan susun kartu domino dan bentuk untuk membentuk belitan ke atas dan ke bawah (lihat contoh D). Latihan ini dapat membantu Anda membiasakan diri dengan anggota badan yang miring pada sudut yang berbeda dan menggambar bentuk seperti persegi panjang yang lebih baik.
Saran terbaik yang dapat diberikan oleh siapa pun dengan latihan ini adalah Berlatih, Berlatih, Berlatih. Dengan membiasakan diri dengan latihan ini, Anda akan mulai memperhatikan bagaimana Anda menjadi lebih fleksibel dalam menggambar dan pada saat yang sama Anda harus menunjukkan bagian mana dari menggambar bahwa Anda lemah.
0 Komentar