About Me

gambar koala

PERTEMUAN KITA DI DUNIA MAYA


oleh : YUNIAR EVA MARIE SUSANTI (SMKN 5 JEMBER)
 
Covid-19 merubah semua tatanan dunia dalam segala bidang, tak luput juga bidang Pendidikan, terutama Pendidikan di Indonesia. Selama pandemi Covid-19 masih mewabah sekolah, atas kebijakan pemerintah yang diwakili oleh Kemendikbud RI mewajibkan peserta didiknya untuk belajar dirumah. Selama kurang lebih 3 bulan anak-anak dirumahkan dan kemugkinan akan ada kebijakan lain yang muncul sampai dengan Pandemi ini berakhir. Hal ini menjadi tantangan bagi kami, Guru, untuk menciptakan pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut DARING. Guru harus menyiapkan pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran, menyiapkan media yang dapat diakses mudah oleh siswa. Saat ini hampir seluruh siswa mempunyai HP Android yang bisa digunakan untuk mengakses media pembelajaran daring, seperti : Google Classroom, Whatsapp, Google Form dan E-mail. Sehingga siswa dapat menerima materi dan kemudian mengumpulkan tagihan pembelajaran melalui akun mereka masing-masing. Pelaksanaan Pembelajaraan Jarak jauh ini tidaklah sulit diterapkan kepada siswa, diawali dengan mereka bergabung di Google classroom yang telah dibentuk oleh Guru dan telah disosialisasikan lewat WA. Konsep Merdeka Belajar tentang pembuatan RPP sederhana yang telah digaungkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menginspirasi saya untuk membuat RPP pembelajaran jarak jauh secara sederhana dan tercapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran jarak jauh ini saya menawarkan sesuatu yang berbeda dengan pembelajaran yang biasa dilakukan didalam kelas setiap pagi sampai menjelang sore. Disini saya membuat kesepakatan dengan siswa bahwa pembelajaran bukan secara Teori melainkan langsung pada praktik yang tentu saja melibatkan orang tua dalam hal pengawasan dan menyediakan kuota. Untuk mewujudkan pembelajaran jarak jauh ini saya menggunakan aplikasi WA, Google classroom, PPT dan google form yang sudah familiar di kalangan siswa Zaman Now. Saya mempunyai 2 kompetensi keahlian yang berbeda, yaitu Kelas Multimedia (MMD) dan Mekanisasi (AMP), sehingga di Google classroom saya membuat 4kelas untuk kedua Kompetensi keahlian tersebut, Kelas MMD 1, MMd2, AMP1, AMP2. 

Pertama, saya mengumumkan melalui WA group masing-masing kelas untuk bergabung dengan kelas jarak jauh saya dengan menggunakan Google classroom, dan memberikan cara bagaimana untuk bisa bergabung dalam kelas dan bagaimana cara mengumpulkan tugas. Contoh pengumuman: Daring Online Selama Belajar Dirumah SMK Negeri 5 Jember 

Cara Menggunakan Untuk Siswa:
  1. Install apps Google Classroom di HP (playstore) 
  2. Masukkan email dan password anda 
  3. Klik tombol + pojok kanan atas, pilih gabung kelas/Join Class 
  4. Masukkan Kode : (kode sesuai dg kelas masing2) 
  5. Selamat anda telah berhasil mengikuti daring online 

Cara mengumpulkan tugas di Google classroom
  1. Join ke classroom punya bu eva 
  2. pilih "your work" 
  3. Pilih "Add attachment" 
  4. Pilih lampiran lalu isi "share with your class" Dengan nama dan kelas lalu kirim 
  5. Terakhir Pilih turn in 

Setelah siswa bergabung, saya lanjutkan dengan menyapa mereka dan berdiskusi ringan tentang “ bagaimana tanggapan siswa dengan adanya belajar di rumah”, hal ini saya lakukan untuk memberikan stimulus kepada siswa agar mereka tertatik dengan pembelajaran jarak jauh melalui google classroom. Tidak saya sangka ternyata mereka antusias untuk berdiskusi ringan sambil sedikit bergurau dengan teman-temannya layaknya di dalam kelas meskipun tidak bertatap muka. Setelah sekitar 15 menit berdiskusi ringan saya memberikan materi tentang text prosedur dengan cara meng-upload materi berbentuk Power Point (PPT) untuk dipelajari siswa, kita mulai berdiskusi dan memberikan umpan balik selama 15 menit. Langkah berikutnya saya memberikan satu contoh teks prosedur untuk dianalisa struktur teks, fungsi teks dan unsur kebahasaan yang terkandung dalam teks prosedur. Setelah siswa memahami, saya memberikan satu teks prosedur dengan susunan kalimat acak untuk kemudian siswa Menyusun kalimatnya dengan benar. Saya membuat kesepakatan dengan siswa dalam penyelesaian tugas tersebut. Tahap berikutnya, yaitu memberikan tugas praktik sesuai dengan kesepakatan diawal bahwa pembelajaran jarak jauh ini lebih kepada hasil projek. Tugas untuk siswa yaitu Membuat Poster tentang Covid-19, yang tentu saja harus sesuai dengan struktur kalimat dalam teks prosedur. Lagi-lagi Saya membuat kesepakatan dengan siswa kapan terselesainya tugas ini, dan biasanya satu projek minimal pengumpulan 6 hari. 


Pengumpulan tugas melalui google classroom dan cara pengumpulan seperti Langkah-langkah yang telah dijelaskan di awal. Dan tak lupa saya mengingatkan siswa untuk melakukan presensi online melalui Google form. Diluar Expektasi saya, ternyata karya siswa sungguh menakjubkan dan variatif, kreativitas mereka muncul meskipun ada juga yang masih membuat dengan sederhana. Tapi mereka semua hebat dan tetap belajar meskipun tidak dengan bertatap muka secara langsung. Memang saya akui bahwa pembelajaran jarak jauh ini masih ada kesulitan karena memang kita belum terbiasa, saya yakin jika dilakukan secara terus menerus pastilah semuanya akan terasa mudah. Dari proses pembelajaran jarak jauh ini, saya dapat menyimpulkan bahwa Belajar tidak mengenal kapan dan dimana kita berada, tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Meskipun dalam kondisi Pandemi seperti saat ini siswa masih tetap bisa belajar dari rumah dengan baik dan dalam pengawasan orang tua. Tetap semangat belajar dan selalu kreatif dalam kondisi Pandemi. 

Salam SOLIDARITAS

Posting Komentar

0 Komentar