About Me

gambar koala

Glosarium Pemrograman Android

 



A

Abstract Class
Sebuah class yang ditandai dengan keyword “abstract”, yang mempunyai beberapa properti dan atau fungsi yang belum terdapat implementasinya. Class ini harus diimplementasi terlebih dahulu oleh class lainnya agar bisa diinisiasi.

Abstraction/Abstraksi
Proses representasi data menjadi lebih umum, dengan menyembunyikan rincian/detail implementasi dan hanya fokus pada yang penting saja.

Annotation
Tanda yang diberikan untuk memasukkan metadata pada suatu class maupun variable pada saat compile time dengan memanfaatkan reflection.

API (Application Programming Interface)
Sebuah interface yang dapat menghubungkan suatu aplikasi dengan aplikasi lainnya, baik dalam satu platform yang sama maupun berbeda.

Architecture
Gambaran umum secara high-level tentang bagaimana suatu aplikasi dibangun.

Argument
Sebuah nilai yang akan disematkan atau diteruskan ke dalam parameter sebuah fungsi.

Asynchronous
Proses yang berjalan tidak berurutan, bersamaan/berbarengan dalam suatu waktu.

Attribute
Merepresentasikan karakteristik dari suatu objek atau properti dari sebuah objek.


B

Best Practice
Suatu cara paling efisien (upaya paling sedikit) dan efektif (hasil terbaik) untuk menyelesaikan suatu tugas, berdasarkan suatu prosedur yang dapat diulangi yang telah terbukti manjur untuk banyak orang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Boilerplate Code
Penulisan baris kode berulang di banyak tempat tanpa adanya perubahan.

Bug
Segala bentuk kecacatan dalam suatu aplikasi.

Business Logic/Domain Logic
Kode yang berisi logika utama dari suatu aplikasi yang merepresentasikan proses bisnis di dunia nyata.

 

C

Callback
Fungsi yang akan diteruskan sebagai argumen ke kode lain yang diharapkan untuk dieksekusi sebagai argumen pada waktu yang tepat.

Class
Class merupakan blueprint atau definisi struktur dari sebuah objek yang belum diinisiasi. Di dalamnya terdapat kumpulan properti dan fungsi yang mencerminkan kegunaan dari class.

Clean Code
Aturan dalam penulisan kode saat pengembangan aplikasi yang digagas oleh Robert C.Martin, di mana menerapkan beberapa teknik tertentu agar kode yang dituliskan bisa dengan mudah dibaca, ditulis, maupun diperbaiki.

Code Isolation
Pemisahan kode berdasarkan fungsinya supaya tidak saling terikat dan mudah dipelihara.

Collection
Objek yang dapat digunakan untuk menyimpan sekumpulan objek.

Compiler
Perangkat lunak yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa pemrograman menjadi program system.

Configuration Change
Perubahan konfigurasi yang terjadi pada device yang menyebabkan Activity di-destroy/dihapus dari memori lalu dibuat lagi dari awal, misalnya saat screen rotation (perubahan orientasi layar dari potrait ke landscape dan sebaliknya).

Constant (Konstanta)
Tidak berubah-ubah nilainya.

Constructor
Method yang secara default sudah terbentuk ketika kelas dibuat. Ketika suatu kelas dibuat (instansiasi) maka konstruktor akan terpanggil juga.

Console
Tool yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah atau melihat pesan log.

Converter
Aplikasi yang berfungsi untuk mengubah suatu data dari satu data ke bentuk data lainnya.

Coupling
Ukuran kuatnya keterikatan/ketergantungan antara suatu modul dengan modul lainnya. Sehingga apabila suatu modul diubah, modul lain juga harus diubah.

Crash
Keadaan dari suatu sistem (aplikasi atau sistem operasi), di mana sistem tersebut tidak berfungsi dengan normal dan terpaksa mengakhiri berjalannya sistem tersebut.


D

Data Classes
Kelas sederhana yang bisa berperan sebagai data container pada kotlin. Di dalamnya terdapat beberapa fungsi yang sudah disediakan untuk menghandle beberapa operasi data seperti equals(), toString(), hashCode(), & copy().

Debug
Proses mengidentifikasi atau menghapus error pada sebuah perangkat keras atau perangkat lunak.

Design Pattern
Pola dasar atau template dari sebuah cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam situasi yang berbeda-beda.


E

Encapsulation
Konsep fundamental dalam pemrograman berbasis objek yang membungkus data dengan beberapa method/fungsi yang mengelola data, dan membatasi akses data secara langsung dari luar unit (class).

Endpoint
Bagian akhir pada API yang digunakan untuk menentukan data apa yang diambil.

Enum
Fitur yang bisa digunakan untuk menyimpan kumpulan objek yang telah didefinisikan menjadi tipe data konstanta.

Exception
Kesalahan yang muncul saat aplikasi dijalankan.

Expression
Kombinasi dari data, variabel, dan atau operator yang mengembalikan suatu nilai.

Extends
Kata kunci yang digunakan untuk mengimplementasikan konsep inheritance.


F

Field
Bagian dari class yang berisi nilai khusus untuk object.

Filter
Proses penyaringan terhadap sebuah kumpulan object.

Framework
Kerangka kerja yang sudah disediakan untuk mengembangkan aplikasi. Kerangka kerja di sini sangat membantu developer dalam menuliskan sebuah kode dengan lebih terstruktur dan tersusun rapi.


G

Generic
Menggambarkan karakteristik (gambaran umum) dari sebuah jenis atau kelompok tetapi tidak spesifik.

Getter
Fungsi yang digunakan untuk membaca nilai sebuah variabel yang terenkapsulasi.


I

Immutable
Objek yang nilainya tidak bisa diubah saat runtime.

Implementation
Realisasi dari suatu spesifikasi aplikasi, misalnya seperti mengimplementasikan interface atau membuat real class dari abstract class.

Index
Indikator dalam bentuk angka yang merepresentasikan posisi dari sebuah item di dalam sebuah list atau daftar (daftar karakter, array, dsb).

Inisialisasi
Sebuah proses pemberian nilai awal setelah deklarasi sebuah variabel.

Inner Class
Kelas yang dideklarasikan di dalam sebuah kelas.

Instance
Perwujudan dari sebuah class (kelas).

Interface
Kontrak yang digunakan untuk berkomunikasi antara satu pihak dengan pihak yang lain. Di mana semua method di dalamnya harus diimplementasikan oleh class yang memakainya (mengimplementasikannya)


J

JSON (JavaScript Object Notation)
Format data yang menyajikan pasangan key dan value yang digunakan dalam pertukaran data antar program aplikasi dan juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan dari suatu data.


K

Keyword
Dalam pemrograman, keyword adalah susunan huruf atau frasa yang sudah disediakan oleh bahasa program tertentu dan mempunyai arti spesial pada compiler.


L

Lifecycle
Siklus hidup atau tahapan-tahapan suatu proses dalam aplikasi mulai dari awal sampai akhir.


M

Mapping
Proses perubahan dari satu jenis model data ke jenis model lainnya.

Method
Bagian dari class yang menjalankan suatu aksi tertentu.

Mutable
Tipe variable yang bisa diubah nilainya.


N

Native
Asli atau murni.

Networking
Proses untuk mengambil data dari network/server.

Null
Tidak memiliki nilai/value.

Nullable
Kondisi dari sebuah variabel yang dapat menampung nilai null.


O

Object/Objek
Merupakan instance atau wujud nyata dari suatu kelas.

Observable
Objek yang bisa diamati/di-observe dalam jangka waktu tertentu.

Operator
Fungsi tertentu yang digunakan untuk menjalankan sebuah proses untuk menentukan hasil.

Override
Kata kunci yang digunakan untuk mengambil alih fungsi yang diwariskan.


P

Package
Cara yang digunakan untuk mengelompokkan kumpulan kelas.

Parameter
Nilai inputan berupa variabel pada saat fungsi itu didefinisikan.

Parenthesis
Tanda kurung/( ) yang berada pada sebuah function atau constructor.

Parsing
Proses penguraian suatu data dari satu data ke bentuk data lainnya.

Plugins
Kode dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut.

Properties
Atribut yang menjadi anggota dari suatu kelas. Properti digunakan untuk menyimpan data yang relevan dengan kelas. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya seperti tinggi, berat, dan umur adalah properti dari suatu kelas.


Q

Query
Syntax atau perintah yang dipakai untuk mengakses dan menampilkan data pada sistem database SQL.


R

Read-Only
Adalah kondisi di mana kita hanya dapat menjalankan proses membaca namun tidak dapat menjalankan proses menulis.

Refactor
Proses menulis ulang suatu kode menjadi lebih baik.

Reference
Suatu value yang mempunyai akses secara tidak langsung ke data atau objek lain.

Reliability
Probabilitas konsistensi suatu komponen atau sistem untuk melakukan fungsi yang ditentukan dalam periode waktu tertentu di bawah kondisi yang dirancang untuk beroperasi.

Return Type
Tipe kembalian dari sebuah function.


S

Statement
Sebuah instruksi dalam bentuk kode yang digunakan oleh komputer untuk menjalankan aksi tertentu.


T

Thread
Sekumpulan instruksi yang dapat dijalankan pada CPU.

Tipe Data Primitif
Tipe data primitif adalah tipe data yang hanya menyimpan satu nilai pada setiap satu variabel, seperti integer, string, dan boolean.


V

Variable
Dalam konteks pemrograman, variable adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan suatu data.

Visibility Modifier
Keyword yang mengatur aksesibilitas dari suatu class, objek, interface, fungsi, dan properti. Contohnya seperti public, private, protected, dan internal.

Posting Komentar

0 Komentar