About Me

gambar koala

Seputar COVID 19



Oleh : Irmawati Sri Utami (Guru SMPN 7 Jember)

                Apa itu Coronavirus ? Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan  penyakit pada hewan dan manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui  menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk, pilek hingga yang lebih serius seperti  MERS dan SARS. Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan  penyakit COVID 19.         
                COVID 19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan.  Ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. Menyadari kemampuan penularanya dari “manusia ke manusia” organisasi Kesehatan Duna (WHO) menetapkan sebagai Keadaan Darurat kesehatan Publik Tingkat Internasional pada 31 Januari 2020.
                Gejala gejala Covid 19 yang paling umum adalah demam, rasa lelah, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami rasa nyeri dan sakit tenggorokan atau  diare, gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap. Beberapa orang  yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun dan tetap merasa sehat.
                Covid 19 dapat menyebar  dan menular dari orang ke orang melalui percikan-percikan dari hidung dan mulut yang keluar saat orang yang terjangkit COVID 19  batuk atau mengeluarkan nafas selain itu bisa melalui kontak dengan percikan dari saluran pernafasan , bukan melalui udara. Cara utama penyebaran penyakit ini adalah melalui percikan saluran pernafasan yang dihasilkan saat batuk. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga jarak lebih dari 1 meter dari orang yang sakit.
                Apa yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri dan mencegah penyebaran penyakit ini ?
1.       Seringlah mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun, atau cairan antiseptic berbahan dasar alcohol karena dapat membunuh virus dari tangan kita.
2.       Jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang yang batuk-batuk atau bersin-bersin karena ketika batuk  atau bersin orang  mengeluarkan percikan dari hidung atau mulut dan percikan ini dapat membawa virus.
3.       Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebab tangan menyentuh berbagai permukaan benda dan virus  penyakit ini dapat tertempel di tangan.
4.       Pastikan anda dan orang-orang disekitar anda mengikuti etika batuk dan bersin  dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu saat batuk atau bersin dan segera buang tisu bekas tersebut.
5.       Tetaplah tinggal di rumah jika merasa kurang sehat. Jika anda demam, batuk dan kesulitan bernafas, segeralah cari pertolongan medis dan  tetap memberitahukan kondisi anda terlebih dahulu.   Ikuti arahan Dinas Kesehatan setempat anda.
6.       Tetap ikuti informasi terbaru tentang hotspot-hotspot COVID 19 (kota atau daerah dimana COVID 19 menyebar luas) jika memungkinkan hindari bepergan ke tempat-tempat tersebut.
7.       Tetap gunakan masker apabila keluar rumah.
                Pada umumnya masa inkubasi COVID 19 diperkirakan berkisar dari 1 hingga 14 hari, umumnya sekitar 5 hari. Sejauh ini Lansia dan orang-orang yang memiliki keadaan medis sebelumnya (seperti tekanan darah tinggi,penyakit jantung, penyakit paru-paru,kanker atau diabetes) terindikasi mengalami sakit yang lebih serius.
                Apapun keadaanya, jika anda mengalami demam, batuk dan kesuiitan bernafas, segeralah mencari pertolongan medis untuk mengurangi resiko terkena infeksi yang lebih parah dan sampaikan riwayat perjalanan anda baru-baru ini kepada tenaga kesehatan. Mari kita mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita untuk hidup bersih, hidup sehat dan disiplin agar terhindar dari penyakit  COVID 19 dan sejenisnya, tetap patuhi aturan pemerintah dan selalu berdoa semoga wabah pandemi ini segera berlalu dari bumi  kita,  Aamiin Ya Robbal Allamiin Salam sehat dan tetap semangat.

Terima kasih semoga bermanfaat



Posting Komentar

2 Komentar

  1. Alhamdulillah menambah wawasan kita dengan Pandemi Corona, kita ambil hikmahnya sehingga para pendidik di paksa untuk melek IT mohon maaf kalau kurang berkenan terimakasih.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus